D’Cinnamons 360 Music Video, A Whole Package

Apa yang biasanya Anda suka dari sebuah video musik? Apakah Anda menyukai tipe video musik  yang menampilkan performance dari penyanyi/band yang membawakan lagunya? Atau Anda menyukai tipe video musik yang memiliki alur cerita yang menarik, terlepas apakah cerita yang ditampilkan sesuai dengan lirik lagu yang dibawakan? Atau tipe video musik yang tidak menampilkan keduanya, tapi memiliki konsep tertentu yang random, tidak biasa, atau abstrak?

Tiga tipe video musik diatas secara berturut-turut merupakan tiga tipe utama dari sebuah video musik, yang dikategorikan oleh Simon Firth (1988). Tipe video performance, naratif, dan konseptual. Contoh video performance misalnya video klip “Chop Suey” dari System of A Down. Sepanjang video berlangsung hanya diisi oleh performance band beranggotakan 4 orang berdarah Armenia-Amerika ini.

System of A Down - Chop Suey

Video naratif merupakan video musik yang menampilkan kisah cerita, terlepas dari kesesuaian lirik dan cerita yang ditampilkan. Video klip legendaris “Always” dari Bon Jovi misalnya, selain lagunya yang memang everlasting, kisah yang diceritakan pada video klip ini masih terus diingat oleh penikmat musik, khususnya bagi para remaja di era 90-an.

Bon Jovi - Always

Sementara video musik tipe konseptual tidak menceritakan kisah yang diceritakan dalam lirik lagunya, atau juga tidak menampilkan performance artisnya. Tipe ini secara random mengangkat suatu konsep tertentu yang unik, misalnya dari segi visual effect atau juga teknik pengambilan gambar.

Banyak video klip yang menggabungkan dua dari tiga tipe diatas, namun sedikit video klip yang dapat menggabungkan ketiga tipe tersebut. Contoh sukses penggabungan tiga tipe video klip ini adalah “Black and White” dari The King of Pop Michael Jackson. Pada bagian awal naratif, kemudian performance, dan ditutup dengan visual effect muka seseorang yang kemudian berubah menjadi banyak orang dari ras yang berbeda-beda.

Michael Jackson - Black or White

Baru-baru ini Gusto Sign melalui divisi terbarunya Gusto Pictures menggarap sebuah video klip untuk musisi kondang di tanah air, D’Cinnamons. Bukan hanya video klip biasa, video musik yang kami buat merupakan penggabungan dari tipe video naratif, performance, dan konseptual. Terlebih lagi, konsep yang kami bawakan adalah 360 Video, dimana video musik D’Cinnamons berjudul “Sweet Memories” ini adalah video musik pertama di Indonesia yang menggunakan teknik ini.

Penasaran kan? Mungkin sebagian besar dari Anda bertanya-tanya apa sih 360 Video itu? Sebaiknya Anda langsung menonton video klip D’Cinnamons berjudul “Sweet Memories” ini:

Sources:
https://30yearsofmusicvideos.wordpress.com/2011/11/20/what-are-the-types-of-music-videos/
Image Sources:
http://www.vip-file.us/S/074198/System_Of_A_Down-Chop_Suey_.html
http://www.vip-file.us/B/030667/Bon_Jovi-Always.html
http://www.vip-file.us/M/019291/Michael_Jackson-Black_Or_White.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s