(Introduction) Print on Material

Teknologi cetak digital kini semakin meluas pemakaiannya di kalangan masyarakat. Jika dulu mesindigital printing pada mulanya digunakan hanya untuk memenuhi kebutuhan industri periklanan, kini juga mulai merambah ke pangsa pasar industri yang memiliki fungsi guna bagi masyarakat umum.

Berbagai teknologi baru pun terus tercipta dalam dunia cetak digital. Salah satu teknologi termuktahir dalam dunia cetak digital yakni mesin digital printing (printer) flatbed yang menggunakan tinta uv curable.

Tinta uv merupakan tinta khusus yang dapat dikeringkan dengan sinar uv. Jadi dalam prosesnya ketika tinta disemprotkan oleh printer ke media cetak seketika itu pula tinta dikeringkan dengan menggunakan sinar UV. Yang mengakibatkan tinta mampu menempel ke berbagai media cetak.

Tinta UV dapat digunakan hampir di semua media seperti kaca, kayu, kain, vinil, dll. Dan printer yang menggunakan tinta UV adalah jenis printer flatbed. Printer flatbed mampu mencetak di ragam material baik yang berbahan kaku (rigid material) maupun berbahan lembut (flexible material). Material yang dapat digunakan pada printer UV flatbed dapat berbentuk lembaran dan juga gulungan yang memiliki ketebalan hingga 10 cm.

Contoh bahan kaku (rigid material) yang dapat dicetak oleh printer UV Flatbed, antara lain: corrugated foam, foam board, acrylic, metal sheet, multipleks, wood, magnetic roll, pvc sheet, stone, glass sheet & ceramic tiles.

Dan contoh bahan lembut (flexible material) yang dapat dicetak oleh printer UV Flatbed, antara lain: kertas, vinyl, fabrics, leather, banner, canvas, textiles.

Kehadiran printer UV Flatbed ini adalah titik terang bagi berbagai jenis industri untuk mendapatkan proses kerja yang cepat namun dengan hasil superior. Adapun berbagai jenis industri yang terbantu dengan kehadiran printer UV Flatbed ini adalah:

Furniture: Mempermudah pengecatan furniture dengan beragam gambar maupun permintaan khusus dari pelanggan. Lebih efisien jika dibandingkan dengan pengunaan teknik air brush maupun teknik lainnya.

Interior Design: Membantu dalam pembuatan pintu baik dari kayu maupun kaca, mencetak motif atau gambar untuk dinding (wallpaper), mencetak warna, gambar dan motif untuk kaca, partisi, langit-langit serta berbagai produk dekoratif yang akan menambah elemen estetis pada sebuah ruangan.

Sepatu : Membantu mencetak gambar atau motif pada kulit maupun material lainnya dalam proses pembuatan sepatu.

Tekstil: Membantu pencetakan gambar atau motif pada kain untuk sprei, gorden, dll.

Keramik: Membantu dalam membuat keramik dengan motif sesuai dengan permintaan pelanggan.

Kaca: Memperindah kaca dengan motif yang beragam. Proses pembuatan jauh lebih mudah dan cepat dibandingkan teknik kaca patri pada umumnya.

Media promosi: Dapat mencetak banner, neon box, POP, display barang/produk, stand dan backdrop hingga merchandise dengan hasil cetak berkualitas tinggi.

Jika Anda atau perusahaan Anda tertarik untuk menggunakan printer UV Flatbed yang kami miliki untuk berbagai produk atau layanan yang menjadi usaha Anda, ada beberapa hal yang patut diketahui terlebih dahulu.

1. Proses Pemesanan
– Tentukan gambar yang ingin dicetak dan siapkan file gambar dalam CD maupun USB. File gambar dapat berupa bitmap, TIFF, JPEG, Postcripts 3, EPS dan PDF.
– Tentukan ukuran gambar (cm/meter) dan kualitas gambar. (dpi)
– Tentukan jenis material yang ingin dicetak.

2. Waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan
– Pemesanan dengan material yang umum kami gunakan seperti acrylic, foam, multipleks, MDF, canvas akan memakan waktu satu hari saja.
– Pemesanan print pada material yang tidak umum kami gunakan akan memakan waktu lebih dari satu hari. Ini disebabkan karena kami membutuhkan waktu untuk test print pada material tersebut. Jika ada permintaan cutting laser pada produk yang ingin dicetak, waktu pengerjaan akan menghabiskan 7 hari kerja.

3. Faktor-faktor yang Berpengaruh terhadap Harga
– Ukuran Print
– Kualitas Print (320 x 320 dpi hingga 1,440 x 1,440 dpi)
– Jenis Material
– Penambahan Tinta Putih
– Ketebalan print/pengulangan print

Baca juga:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s