Pengenalan Mesin Laser Cutting (bagian pertama)

Mungkin Anda sudah pernah mendengar tentang laser cutting. Lima tahun yang lalu (2006) masih jarang perusahaan yang menyediakan jasa laser cutting. Namun kini penyedia jasa laser cutting sudah sangat banyak. Tersedia beragam jenis mesin laser dengan kemampuan yang berbeda-beda. Anda hanya perlu memilih yang sesuai dengan kebutuhan.


Kami tidak akan membahas masalah sejarah laser maupun aneka ragam mesin laser. Namun apa yang akan kami paparkan lebih kepada aplikasi dari mesin laser itu sendiri.

Apa saja yang dapat dibuat oleh mesin laser? Jawabannya akan sangat panjang dan hanya dibatasi oleh kreativitas masing-masing.

Dari kelasnya, mesin laser ada yang berukuran sangat kecil sehingga dapat ditaruh di ujung ruang kerja Anda, bahkan di atas meja kerja. Namun ada juga yang berukuran sangat besar sehingga membutuhkan ruangan khusus untuk meletakkannya.

Ukuran material yang dapat dikerjakan juga memiliki rentang yang cukup panjang mulai dari 10 x 10 cm hingga berukuran 2 x 3 meter atau bahkan lebih. Ada juga beberapa perusahaan laser cutting yang membuat mesin custom sesuai dengan kebutuhan di pabrik tertentu (mis: pabrik automotive).

(dari paling atas: vls230 dari Universal, Legend 36ext dari Epilog, dan Trulaser 7025 dari Trumpf)

Ukuran mesin laser yang umum digunakan di Indonesia pada umumnya berukuran sedang, yaitu antara 40 x 60 cm, 60 x 90 cm, dan 60 x 120 cm. Kemampuan mesin laser untuk memotong bahan yang tebal atau memotong lebih cepat ditentukan oleh kekuatannya yang berkisar antara 25 hingga 150 watt. Pemilihan kekuatan mesin ini harus benar-benar diperhatikan karena perbedaan besar kekuatan yang dipilih akan sangat berpengaruh terhadap harga beli mesin.

Jika Anda hanya membutuhkan mesin laser untuk memotong bahan-bahan yang tipis seperti kertas, kulit, kain atau acrylic dan kayu dengan ketebalan di bawah 5mm, maka mesin dengan kekuatan di bawah 90 sudah memadai. Namun jika Anda ingin menggunakan mesin tersebut untuk memotong material yang memiliki ketebalan hingga 1 cm atau lebih, dibutuhkan kekuatan mesin di atas itu.

Produsen mesin laser yang dijual di Indonesia juga sangat beragam. Di pameran-pameran mesin Anda akan mudah menjumpai berbagai mesin laser buatan Eropa, Jerman, Amerika, Jepang, Korea, Taiwan hingga Cina. Yang perlu diperhatikan adalah kemampuan mesin, daya tahan, perawatan dan dukungan teknisi serta suku cadang yang mudah didapat. Jangan sampai hanya karena harga mesin yang murah, maka Anda mengabaikan dukungan teknisnya. Atau jika Anda ingin bekerja dua shift sehari, pastikan bahwa mesin pilihan Anda cukup tangguh.

Pernah salah seorang kenalan kami membeli mesin laser dengan ukuran yang besar, namun harganya sangat murah. Hanya 1/6 harga mesin Eropa. Namun setelah digunakan selama tiga bulan, mesin tersebut akhirnya hanya teronggok di gudang. Rusak dan tidak dapat diperbaiki lagi. Seandainya Anda belum memiliki budget untuk membeli mesin laser, maka Anda dapat menghubungi para penyedia jasa laser cutting untuk mengerjakan pekerjaan yang Anda butuhkan.

Silakan baca juga:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s