Laser Engraving pada Material Batu

foto atas; gravir laser tulisan pada batu kali

foto bawah; dengan settingan yang sama, setelah dibersihkan, tulisan tidak terlalu jelas

Kita tahu bahwa material-material tertentu dapat di laser (list material yang dapat dilaser), tetapi apakah batu dapat dilaser? Batu merupakan material yang padat, terbentuk akibat suhu dan tekanan. Sifatnya berbeda-beda tergantung pada campuran bahan dasar yang membentuknya.

foto prasasti peresmian fasilitas

Kami pernah mencoba laser pada beberapa jenis batu untuk pembuatan Prasasti. Juga ada klien kami yang pernah membawa bahan untuk dilaser. Hasilnya berbeda-beda tergantung pada jenis batunya. Ada yang dapat dengan mudah digravir sehingga tulisan/gambar masuk ke dalam sekitar 0,2-0,4 mm, namun ada juga yang hanya meninggalkan efek batuan yang meleleh, misalnya pada batu kali.

Beberapa jenis batu, juga keramik tidak dapat digravir, yang bisa digravir hanyalah lapisan luar batu/keramik tersebut. Lapisan permukaan polesan batu tersebut bisa “diangkat” akibat panas dari laser, namun tidak akan menimbulkan kedalaman yang berarti pada batu tersebut.

foto salah satu hasil test yang kami lakukan ketika power ditambah agar gravir bisa menjadi lebih dalam, ternyata terlalu panas sehingga batu retak dan pecah
(kotak laser tengah kiri)

Laser sangat sulit untuk diaplikasikan pada batu, mengingat kepadatan batu, dan sifat batu yang akan menyebarkan panas. Sedangkan cara kerja laser menggunakan energi panas yang dipusatkan pada satu titik. Akibatnya, apabila laser mengenai satu titik pada batu, maka sebagian besar panas akan disebarkan ke sekitar titik tersebut sehingga panas tersebar, dan kekuatannya berkurang.

Karena itu kami tidak dapat memotong batu dengan laser, dan tidak semua jenis batu dapat digravir. Solusi terbaik untuk memotong batu antara lain dengan gergaji khusus untuk batu dan router (yang keduanya menggunakan bantuan air untuk mendinginkan), serta waterjet, yang keduanya tidak kami miliki atau belum.

Baca juga:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s