Laser Engraving: Bagaimana Mencapai Hasil yang Maksimum?

Laser engraving dapat membuat membantu kita membuat beragam benda. Prinsip kerja laser engraving mirip dengan ukir, dimana panas laser digunakan untuk membuang/mengikis bagian permukaan material. Karena fungsinya hanya mengukir, maka laser engraving tidak dapat menghasilkan warna. Yang dapat dihasilkan oleh laser engraving hanya bekas pembakaran, dimana warna yang muncul pada material tertentu (kayu, MDF, acrylic) adalah gosong akibat panas.

Kontras hasil engraving sangat bergantung pada jenis material dan besar power yang digunakan. Pada material-material yang mudah gosong, kontras dapat dihasilkan dengan menambah power. Semakin besar power, maka hasil laser akan semakin gosong, berwarna coklat tua bahkan kehitaman. Material yang mudah gosong antara lain kayu, kulit, dan MDF.

gravir pada kulit sapi terlihat kontras,
tulisan bawah memiliki setting power lebih tinggi sehingga lebih gelap

Pada material plastik, kami menggunakan dua buah material yaitu acrylic dan gravoply. Acrylic ketika terkena laser akan meleleh kemudian mengkristal. Karena itu hasil laser engraving pada acrylic akan terlihat lebih putih. Hasil paling kontras didapat dari acrylic transparant dan acrylic scothlight. Sedangkan pada acrylic lainnya akan terlihat lebih samar/kurang kontras.

foto atas;

acrylic scothlight, hasil gravir akan terlihat kilaunya jika terkena cahaya
foto bawah;

laser engraving pada acrylic hitam, tidak kontras,
namun cocok apabila ingin memberikan aksen yg tidak terlalu mencolok

Material gravoply memiliki dua lapisan warna. Gravoply yang kami miliki mempunyai motif yang mirip dengan stainless hairline. Gravoply memiliki lapisan atas berupa warna (gold maupun silver) dan lapisan bawah berwarna hitam. Apabila kita menggunakan laser untuk mengikis permukaannya, maka akan terlihat warna lapisan bawah, yaitu hitam. Hasilnya sangat bagus karena kontras.

gravoply, material dengan dua lapis warna; warna atas, dan warna hitam pada bagian belakang. Sehingga ketika kita membuang warna bagian atas, akan tampak warna hitam

Kain-kain tertentu dapat digravir dengan baik, dan beberapa jenis lainnya seperti flanel lebih baik di-laser cutting. kain yang memiliki hasil paling bagus jika digravir adalah kain jeans. namun hasil gravir sangat bergantung pada jenis jeansnya. Contoh dapat dilihat pada foto di bawah.

foto laser engraving pada jeans. jeans memiliki warna luar, dan ketika kita melaser/membuang bagian permukaan, maka akan muncul warna kain sesungguhnya, yaitu putih/kekuningan.
keempat jeans memiliki produsen yg berbeda, demikian pula hasilnya, akan berbeda
jeans paling kiri lebih kuning dari yang lain, sedangkan jeans kedua dari kanan
lebih biru dari yang lain, dan jeans kedua dari kanan adalah yang paling putih

Laser engraving pada kertas tidak terlalu bagus. Mengapa? Karena harga lebih mahal daripada cetak, padahal laser engraving pada kertas menghasilkan kontras yang kurang menarik. Kertas lebih baik diolah dengan laser cutting maupun laser puch, yang dikombinasikan dengan cetak seperti pada pengerjaan cover majalah Concept maupun Versus. Kami juga sempat mengerjakan beberapa hasil cetak yang dilaser cutting disini.

Beberapa foto hasil laser engraving pada marketing kit kami dapat dilihat disini, dan kami juga membuat beberapa tips untuk melakukan pemesanan laser cutting & engraving. Ulasan kami tentang barang-barang yang dapat dibuat dengan laser ada di artikel ini.Jadi, untuk menghasilkan pekerjaan yang maksimal dari laser engraving, selain membuat file yang baik, dan tajam, pengetahuan mengenai material yang cocok dan akan digunakan juga sangat penting. Anda dapat menghubungi kami jika ada pertanyaan lebih lanjut.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s