Lebih Lanjut Mengenai Laser Engraving

Laser engraving adalah penerapan teknologi laser untuk “membuang” sebagian dari permukaan bahan sehingga menghasilkan kedalaman yang berbeda. Tulisan, ilustrasi bahkan foto dapat digravir pada permukaan bahan. Setiap bahan memiliki sifat yang berbeda-beda ketika menerima panas dari laser, akibatnya kita harus melakukan test laser pada bahan tersebut untuk mengetahui sejauh apa kontras yang akan dihasilkan.

etching (foto dari Wikipedia)

Istilah yang kadang dipakai untuk menyebut laser engraving antara lain laser etching atau laser embossing. Keduanya sebenarnya kurang tepat. Istilah etching adalah penyebutan untuk membuang sebagian bahan dengan menggunakan cairan asam, sehingga bagian permukaan bahan yang tidak terlindung akan “termakan” ketika direndam dalam cairan asam.

embossing (foto dari Wikipedia)

Sedangkan embossing merupakan istilah untuk menyebut proses pembuatan bentuk 3D pada bahan kertas atau bahan lainnya dengan menggunakan sistem press. Sistem Press itu adalah membuat dua buah mal: positif dan negatif, kemudian kertas ditaruh di antara keduanya dan di-press. Hasilnya bahan akan ditarik mengikuti bentuk dari mall yang positif.Laser engraving tidak membutuhkan mal maupun cairan kimia untuk membuatnya. Teknologi membuat engraving menjadi lebih mudah dan cepat untuk dilakukan. Anda hanya membutuhkan file vector maupun bitmap untuk melakukan laser engraving. Apabila detail dan ketajaman sangat penting, maka kami sarankan Anda mempersiapkan file vector.

Dasar-dasar laser dapat dilihat di Pengenalan Mesin Laser, terdapat juga beberapa jenis bahan yang dapat di-laser. Sedangkan unsur-unsur yang mempengaruhi harga jasa laser engraving dapat dilihat di kumpulan tips dari kami.

laser engraving pada vinyl (foto dari Gusto)
Pengenalan laser engraving di kulit dapat dilihat disini, dan salah satu produsen yang menggunakannya untuk membuat ikat pinggang. Contoh aplikasi laser pada acrylic, untuk grafir tulisan dan gambar pada trophy, atau pembuatan karya. Kami juga pernah bekerjasama untuk gravir pada piringan hitam, yang dipamerkan pada acara POST-PSYCHEDELIA di Selasar Sunaryo.

Kayu dapat digravir dengan bagus, terutama jenis kayu yang keras, misalnya pada papan skateboard.

Hasil gravir pada acrylic akan menghasilkan acrylic yang “mengkristal” sehingga tampak lebih putih.¬†Gravir juga akan terlihat bagus pada acrylic transparant. Di satu kesempatan, kami menambahkan acrylic berwarna hitam untuk membuat acrylic transparant yang sudah digravir tampak lebih kontras. Contohnya seperti ini:

laser engraving foto pada acrylic (foto dari Gusto)

 

Baca juga:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s