Apa Saja Produk Yang Dapat Dikerjakan dengan Mesin Laser?

Mesin laser memiliki kemampuan untuk memotong, menggores, gravir, dan ferforasi. Kalau begitu apa saja yang bisa dibuat dengan mesin laser? Ada begitu banyak varian produk yang dapat dikerjakan dengan sentuhan laser. Simak penjelasan di bawah ini berdasarkan material yang digunakan:

Logam

Biasanya digunakan untuk membuat suku cadang mesin, kendaraan, rangka, tutup, segala pekerjaan yang berkaitan dengan metal workshop. Di luar negeri, banyak tempat-tempat modifikasi kendaraan yang memiliki mesin laser cut logam.

Kaca
Gravir pada kaca menggantikan sandblast. Anda dapat mengukir kaca ukuran besar untuk interior ruangan, hingga ukuran kecil untuk pajangan di ruang tamu. Misalnya foto keluarga atau binatang kesayangan.

Acrylic
Sebagai material yang mudah untuk dibentuk, acrylic dapat dijadikan beragam produk. Mulai dari interior ruangan, aneka display produk seperti misalnya produk-produk kecantikan. Kemudian Anda juga dapat membuat ID Card, puzzle, hingga aneka merchandise seperti misalnya gantungan kunci, penindih kertas, jam meja, dll.

Kayu, Tripleks, Melamin, MDF, Veneer
Dengan teknik potong dan gravir, Anda dapat membuat aneka ukiran untuk rumah-rumah ibadah, restaurant, atau cafe-cafe. Laser juga seringkali digunakan untuk membuat inlay, dimana benda yang satu digravir, kemudian hasil potong material yang lain ditanamkan ke dalam bentuk yang sudah digravir pada benda pertama. Aneka barang dari kayu dapat diberi sentuhan personal, mulai dari stick drum, gitar, papan skateboard, merchandise, foto, dll.

Aneka material natural: Batu-batuan (hanya bisa gravir), Lantai keramik, Kerang, cork
Material ini cocok digunakan pada industri rumahan yang membuat beraneka kerajinan tangan. Ada pekerjaan-pekerjaan tertentu yang dapat kita gantikan dengan mesin laser agar lebih cepat dan presisi. Kombinasikan hasil kerja mesin laser dengan pekerjaan tangan untuk membuat beragam kerajinan tangan, baik besar maupun kecil. Misalnya furniture, daun pintu, bingkai cermin, jam dinding, lampu kayu, dll.

Karet
Karet sering digunakan untuk membuat stempel, dimana hasil yang didapat akan sangat tajam dan tahan lama. Pada dasarnya semua material karet dapat dipotong dan digravir.


Kulit dan Kain
Kulit asli maupun sintetis dapat dipotong dan digravir dengan laser. Tidak semua jenis kain dapat dipotong atau digravir dengan laser. Kain yang tidak memiliki unsur plastik umumya tidak dapat dipotong dengan laser. Karena hasilnya akan berserabut dan mudah robek. Hasil gravir akan sangat bergantung pada material yang digunakan. Material tertentu akan menghasilkan kontras tinggi dibandingkan material lainnya.

Sebagian produk berbahan dasar kulit dan kain umumnya dibuat menjadi produk-produk fashion dan pelengkapnya. Bahan-bahan tersebut dapat digunakan untuk membuat jaket, pakaian, tas, dompet, ikat pinggang, sepatu, aksesoris, gantungan kunci, jewelry dan masih banyak lagi.

Karton, Greyboard, Kertas (fancy paper, art paper)
Bahan-bahan ini memiliki kecenderungan besar untuk meninggalkan noda berwarna kekuningan di sekeliling hasil potong laser. Karena itu kami menyarankan untuk menggunakan warna-warna pastel atau bahkan gelap untuk menyamarkannya. Hasil potong yang kekuningan juga tergantung pada jenis materialnya, material tertentu memiliki sifat yang lebih rentan terhadap panas sehingga meninggalkan lebih banyak noda kekuningan dibandingkan material yang lain.

Banyak sekali barang yang dapat dibuat dengan material kertas, antara lain box, album foto, company profile, annual report, wedding invitation, photo frame, kartu nama, kartu ucapan, dsb.

*Seluruh foto tersebut diambil dari website para produsen & penjual mesin laser epiloglaserpro,versalaseruniversal dan trotec.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s