Kreasi Laser Engraving pada Material Cork

Cork adalah material yang berasal dari kulit pohon, sebagian besar dari pohon Quercus Suber atau dikenal dengan sebutan The Cork Oak, yang endemik di sekitar kawasan Eropa Barat Daya dan Afrika Barat Laut. Karena karakteristik material ini yang kedap air, elastis, terapung, dan tahan api, material ini difabrikasi menjadi beragam produk, yang paling umum adalah dijadikan sebagai sumbat botol wine & sampanye.

Wine & Champagne Cork

Material cork dapat dipanen setiap 9 sampai 13 tahun sekali, dimulai sejak usia pohon mencapai 25-30 tahun. Pemanenan cork tidak merusak ekosistem bahkan mendorong pertumbuhan pohon sampai melebihi 200 tahun, dan pemanenan secara natural ini memungkinkan pohon untuk berkembang tanpa campur tangan dari pupuk atau irigasi. Karenanya bisa dibilang material ini ramah lingkungan atau eco-friendly.

Karakteristik cork yang empuk juga menjadikannya banyak digunakan pada industri sepatu dan sandal. Biasanya digunakan untuk alas atau hak sepatu dan sandal, material ini memberikan kenyamanan lebih pada beragam sandal santai atau sepatu model wedges tanpa meninggalkan sense of fashion.

London Olympic Games - Day 4

Selain sebagai bahan untuk sumbat botol wine dan alas kaki, material cork juga dapat digunakan untuk kebutuhan sehari-hari di rumah anda. Dari mulai mading yang terbuat dari papan cork atau corkboard yang dapat dipajang untuk memasang agenda dinding di kamar, sampai ke perlengkapan di ruang makan seperti coaster untuk gelas dan mug minuman Anda.

Corkboard and Coasters

Gusto Sign juga pernah beberapa kali mewujudkan karya para klien kami dengan material cork. Diantaranya untuk merchandise seperti phone case yang unik atau juga gantungan kunci serta merchandise eksklusif berupa printed coaster penyanyi sekaligus pencipta lagu Riannti. Beragam jenis merchandise ini diproses dengan teknik laser cutting dan laser engraving, ataupun teknik print on material.

Gusto Sign Cork Merchandise

Kali ini kami kembali berkreasi dengan material cork untuk membuat aksesoris berupa nama-nama anggota keluarga bagi salah satu klien kami. Sebanyak tujuh lembaran cork dibentuk menjadi rounded rectangle melalui proses laser cutting dan nama-nama anggota keluarga digrafir dengan teknik laser engraving hingga efek kehitaman yang kontras dengan warna cork muncul.

Laser Engraving - Gusto Sign (1)

Sources:
http://en.wikipedia.org/wiki/Cork_(material)
http://www.build-laccd.org/green_room/characteristics_and_benefits_of_cork.ppt
Image Sources:
On photo’s caption

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s