Kisah Pandawa Lima dalam Wall Decoration iBox yang Modern

Wayang merupakan seni pertunjukan asli Indonesia yang berkembang pesat di Pulau Jawa dan Bali. Pada tanggal 7 November 2003, UNESCO menetapkan wayang sebagai mahakarya asli dari Indonesia dan menganugerahinya sebagai Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity (Warisan Mahakarya Dunia yang Tak Ternilai dalam Seni Bertutur).

Pertunjukkan wayang tidak terlepas dari pengaruh masuknya agama Hindu yang dibawa oleh pedagang India kemudian berkolaborasi dengan kebudayaan Jawa. Karenanya, pertunjukkan wayang banyak menggunakan cerita dalam mitologi Hindu, diantaranya kisah Ramayana dan Mahabharata. Diantara tokoh-tokoh dalam kisah Mahabharata yang terkenal ialah Pandawa Lima.

Pandawa Lima dikisahkan sebagai lima orang ksatria yang merupakan putra dari Raja Hastinapura dalam kisah Mahabharata. Para pandawa terdiri dari lima orang pangeran yaitu Yudhistira, Bima, Arjuna, Nakula, dan Sadewa. Menurut mitologi Hindu, kelimanya merupakan titisan dewa-dewa, dimana sifat dan karakter para pandawa yang patut diteladani ini membuat mereka dijadikan sebagai lakon protagonis dalam pertunjukan wayang di Indonesia.

Kisah Pandawa Lima ini menginspirasi iBox sebagai salah satu premium reseller brand Apple di Indonesia. Store iBox telah menyebar di berbagai mall bergengsi di berbagai kota besar dan menawarkan pengalaman berbelanja yang interaktif, dimana pelanggan dapat mencoba sendiri berbagai produk Apple yang mutakhir.

Bekerjasama dengan Gusto Sign, iBox berinovasi mewujudkan desain bertema pewayangan yang tradisional menjadi sebuah wall decoration yang unik dan kekinian. Tokoh Pandawa Lima yang ditampilkan pada wall decoration ini menjadi icon yang eye-catching di dalam store iBox.

Wall Decoration - Gusto Sign (1)

Wall decoration yang dibuat oleh Gusto Sign berupa slimlight, yang dihasilkan dari penggabungan material acrylic transparan dengan Medium Density Fibreboard (MDF) yang dilapisi cutting sticker hitam. Pembuatan slimlight ini dilakukan melalui proses laser cutting dan laser engraving dengan sistem LGP, dan dilengkapi dengan lampu LED.

Wall Decoration - Gusto Sign (2)

Wall Decoration - Gusto Sign (3)

Visual para tokoh Pandawa Lima yang menyala dengan latar belakang hitam berbaur dengan nuansa interior yang simpel dan minimalis, membuat  store iBox tampak modern sekaligus tetap melestarikan kebudayaan lokal. Saat ini pemasangan wall decoration bertema pewayangan ini telah dilakukan untuk store iBox di Cilandak Town Square, Mall Ambassador, dan Bintaro Plaza di Jakarta.

Sources:
http://id.wikipedia.org/wiki/Wayang
http://id.wikipedia.org/wiki/Pandawa
http://www.ibox.co.id/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s