(Introduction) Reklame, Pengenalan dan Jenisnya di Indonesia

Reklame merupakan istilah yang umum digunakan di dunia advertising di Indonesia. Istilah ini berasal dari bahasa Belanda; reclame, atau réclame dalam bahasa Perancis, keduanya berarti periklanan. Reklame merupakan bentuk komunikasi yang bertujuan komersial yakni mempengaruhi khalayak untuk membeli suatu barang atau jasa.

Reklame umumnya berisi ilustrasi yang besar dan menarik, disertai dengan slogan produk atau jasa tertentu. Secara garis besar, reklame dapat dikategorikan ke dalam berbagai jenis sebagai berikut:

Billboard

Billboard merupakan media promosi yang berupa gambar dan kata-kata yang menggambarkan produk atau motto suatu barang atau jasa. Reklame jenis ini berukuran besar yang ditempatkan pada jalan umum atau tempat yang banyak dilalui atau dilihat orang, sehingga sangat efektif bagi para pebisnis skala menengah ke atas untuk memperkenalkan bisnis mereka. Billboard terbuat dari papan kayu, besi, seng, atau bahan lain yang dipasang di tiang di tempat-tempat strategis.

Billboard gambar lukis primadona

Megatron

Seperti halnya billboard, reklame megatron juga umumnya digunakan oleh pebisnis skala menengah ke atas. Perbedaannya, visualisasi iklan pada megatron berupa film atau slide yang dihasilkan secara elektronik. Billboard dan megatron merupakan reklame yang berbiaya sangat tinggi, baik secara material maupun biaya perizinan dan pemasangannya, karenanya hanya pebisnis skala menengah ke atas yang umumnya dapat memasang kedua media promosi ini.

Megatron newsdetik anisavitri

Neon Box

Neon Box merupakan bagian dari sign system yang umumnya berupa kotak persegi panjang atau bujur sangkar dan diterangi oleh cahaya yang berasal dari lampu neon di bagian dalam kotak. Neon box cocok diletakkan baik di dalam maupun di luar ruangan. Penggunaan jenis sign ini di luar ruangan bertujuan sebagai media promosi atau periklanan dan karena pencahayaannya maka neon box tetap terlihat jelas setiap waktu bahkan saat malam hari atau di kala sedang hujan.

Neon Box - Gusto Sign

Reklame Berjalan/Angkutan

Di perkotaan yang marak dengan kendaraan baik umum maupun pribadi, reklame berjalan atau angkutan merupakan salah satu solusi yang efektif bagi kebutuhan advertising. Iklan promosi bermaterial sticker dipasang di badan angkutan umum seperti bis kota, mikrolet atau angkot, mobil travel, sampai metro mini atau kopaja. Para pemilik usaha juga kerap kali menghiasi kendaraan operasionalnya dengan sticker promosi untuk beriklan.

Reklame Berjalan Ototv-AnneAhira

Baliho

Baliho merupakan salah satu sarana publikasi berukuran besar dengan visualisasi yang ramai. Agar semakin menarik perhatian banyak orang, baliho biasa dipasang di tempat-tempat strategis seperti di pinggir jalan. Teknik digital printing diterapkan untuk membuat media promosi ini, dilengkapi dengan tiang dari bambu atau besi. Perbedaan baliho dengan billboard adalah baliho bersifat temporer karena biasanya isi pesan hanya berlaku sementara, misalnya penyelenggaraan event, kampanye caleg, dan lain sebagainya.

Baligo Partai balibisnis

Reklame Kain: Spanduk, Banner, Umbul-umbul

Spanduk, Banner, dan Umbul-umbul termasuk ke dalam reklame cetak berbahan dasar kain. Teknik sablon digunakan dalam pembuatan jenis reklame kain ini.

Spanduk Umbul2 salmalosophy

Reklame Kertas: Poster, Pamflet, Brosur, Katalog

Jenis reklame dengan biaya paling rendah tentunya reklame cetak bermaterial kertas seperti poster, pamflet, brosur, dan katalog. Pembuatannya diproses melalui teknik digital printing yang terjangkau, dan pemasangannya pun tidak memerlukan izin khusus seperti jenis reklame lainnya. Namun kekurangan terbesar dari jenis reklame cetak ini adalah mudah rusak dan tidak tahan segala cuaca bila ditempatkan di luar ruangan.

Poster superyoss-radarcirebon

Walaupun secara harfiah reklame berarti periklanan (advertisement dalam bahasa Inggris), namun di Indonesia kata ini cenderung memiliki penyempitan makna yakni media periklanan besar, yang biasa ditempatkan pada area yang sering dilalui, misalnya pada sisi persimpangan jalan raya yang padat. Dapat dikatakan bahwa pengertian reklame bagi masyarakat Indonesia terbatas pada media periklanan ruang luar atau outdoor.

Sources:
http://nl.wikipedia.org/wiki/Reclame
http://id.wikipedia.org/wiki/Reklame
http://kpmppsukamara.wordpress.com/jenis-izin/izin-reklame/
Suyanto, M., 2006, Strategi Perancangan Iklan Outdoor Kelas Dunia, Yogyakarta : Andi Offset
Image Sources: on pic’s caption

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s