Evacuation Map untuk Sensa Hotel

Maraknya high rise building terutama hotel berbintang di Kota Bandung tidak dapat menandingi keunikan Sensa Hotel yang terletak di Jalan Cihampelas. Hotel yang terletak di kawasan Cihampelas Walk (Ciwalk) ini berbentuk unik karena tidak seperti hotel-hotel high rise lainnya yang umumnya berbentuk kotak, bangunan Sensa Hotel berbentuk menyerupai kupu-kupu bila dilihat dari udara.

Sensa Hotel

Kupu-kupu memang merupakan logo dari Sensa Hotel yang diterapkan pada bangunan berkonsep minimalis, modern, dan futuristik ini. Seperti halnya bentuk kupu-kupu, bentuk bangunan hotel berketinggian 12 lantai ini tidak memiliki siku. Baik dari segi bangunan hingga ke kamar, Sensa hotel menonjolkan konsep melengkung atau oval, yang memungkinkan bangunan hotel mendapatkan sirkulasi udara yang baik.

Sebelum mulai beroperasi pada tahun 2009 lalu, Sensa Hotel mempercayakan pembuatan sign system kepada Gusto Sign untuk seluruh fasilitas yang tersedia. Dari mulai outdoor signage dengan logo kupu-kupu yang ikonik, indoor signage untuk nama ruangan dan nomor kamar, sampai dengan wayfinding yang berfungsi sebagai penunjuk arah beragam fasilitas yang ditawarkan hotel diantaranya 128 kamar, 6 meeting rooms, spa dan fitness center, dan tak lupa outdoor swimming pool.

Sensa Hotel kembali mempercayakan pembuatan sign system kepada Gusto Sign. Kali ini, evacuation map dipesan untuk dipasang di setiap pintu kamar hotel. Fungsinya, agar para tamu dapat dengan mudah mengidentifikasi arah pintu emergency apabila terjadi suatu keadaan darurat. Denah bangunan yang berbentuk kupu-kupu terlihat jelas pada evacuation map ini.

Sign System - Gusto Sign

Material yang digunakan dalam pembuatan evacuation map ini diantaranya acrylic transparan dan acrylic putih yang diproses melalui teknik laser cutting, dan serta print sticker yang dihasilkan dari teknik digital printing. Ketiga material tersebut disatukan dan dilengkapi peniclan stainless steel agar bisa terpasang di balik pintu kamar. Evacuation map yang hanya berukuran 22 cm x 16 cm tidak akan mengurangi keindahan interior namun tetap berfungsi baik karena letaknya yang strategis.

Evacuation map merupakan salah satu petunjuk keselamatan atau safety sign yang wajib ada di setiap bangunan terutama high rise building seperti hotel berbintang. Selain evacuation map, contoh safety sign lainnya misalnya saja tanda titik berkumpul (assembly point) yang biasa ada di luar bangunan, yang menunjukkan area berkumpul apabila terjadi bencana seperti kebakaran ataupun gempa bumi. Bila Anda membutuhkan safety sign, konsultasikan kebutuhan Anda kepada Gusto Sign dan dengan senang hati kami akan membantu Anda.

Sources:
http://www.sensahotel.com/
http://news.detik.com/bandung/readfotodetail/2009/12/07/090553/1255143/667/0/arsitektur-minimalis-futuristik-sensa-hotel

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s