Aplikasi Partisi Laser Cut untuk Interior Ruangan

Belum lama lalu kami telah membahas mengenai inspirasi teknik laser untuk mendekor ruangan di rumah Anda. Beberapa aksesoris simpel seperti jam dinding dan pigura dengan aneka motif yang dihasilkan oleh mesin laser dapat mempercantik interior dalam sekejap.

Kini saatnya mengeksplor lebih jauh lagi kegunaan teknik laser bagi dunia interior. Bila Anda memiliki ruangan berkonsep open space atau apartemen tipe studio yang cukup luas, apa yang akan kami bahas mungkin bisa menjadi inspirasi.

Pembatas ruang atau space divider umum digunakan pada interior di beragam tipe bangunan baik itu perumahan, perkantoran, ataupun area-area komersial seperti toko dan restoran. Secara umum space divider berguna untuk membatasi ruang satu dengan ruang lainnya yang berbeda fungsi.

Anda hanya memiliki satu ruangan namun ruangan tersebut akan Anda jadikan ruang keluarga sekaligus ruang makan. Untuk membedakan kedua fungsi ruangan tersebut Anda dapat meletakkan space divider berupa partisi laser cut baik yang dipasang secara permanen (fixed) maupun temporer, atau bahkan dapat dilipat (folding partition) agar lebih fleksibel.

Laser Cut Panel2

 

Laser Cut Panel3

Selain berguna untuk membedakan fungsi ruangan, partisi juga berfungsi untuk memberi privasi lebih pada ruang-ruang yang dibatasi. Misalnya di area restoran-restoran kelas menengah ke atas yang menyediakan fasilitas VIP area, atau area khusus bagi tamu yang datang berpasangan. Partisi laser cut dapat digunakan di area-area tersebut agar lebih private dan tidak banyak terganggu oleh pengunjung lain. 

Laser Cut Panel

Salah satu pekerjaan partisi laser cut yang belum lama ini kami kerjakan yaitu pesanan dari MOIA Interior Design untuk salah satu klien mereka. Material plat besi hitam dipilih dalam pembuatan dua buah panel berukuran 210 cm x 119 cm dan 50 cm x 239 cm. Teknik laser cutting diterapkan pada kedua panel tersebut, kemudian setelah selesai, proses selanjutnya yakni finishing powder coating untuk memberi warna pada plat besi. Warna putih yang dipilih sebagai finishing tampak sesuai dengan desain panel yang klasik. 

Laser Cutting Wood - Gusto Sign

Bagi Anda yang tertarik menggunakan partisi laser cut untuk interior ruangan Anda baik rumah ataupun kantor, untuk menentukan motif partisi jangan takut bereksplorasi dengan ide dan imajinasi Anda. Satu tips simpel, bila sekadar sebagai pembatas ruangan, Anda dapat memilih partisi dengan motif yang jarang. Namun bila Anda menginginkan ruangan yang lebih private, lebih baik memilih motif laser cut yang penuh untuk partisi Anda.

Images Sources:
http://www.urbanmetal.com.au/Urban%20Metal%20eNews/lasercut/index.html
http://lightwavelaser.com/custom-panels.htm
http://www.decorativehomeinterior.com/office-design/modern-office-headquarter-design-and-decor.html
http://www.bruag.ch/en/10105/Picture-gallery.html#78

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s