Acrylic Fabrication untuk Papan Indikator HSE

Sebagian dari kita mungkin masih awam dengan apa itu HSE atau Health, Safety, and Environment (HSE). Menurut John Ridley (1983), Kesehatan dan Keselamatan Kerja adalah suatu kondisi dalam pekerjaan yang sehat dan aman baik itu bagi pekerjaannya, perusahaan maupun bagi masyarakat dan lingkungan sekitar pabrik atau tempat kerja tersebut. Di Indonesia, HSE dikenal juga dengan istilah K3L (Kesehatan, Keselamatan Kerja, dan Lingkungan).

Setiap perusahaan bertujuan untuk mendatangkan keuntungan. Salah satu unsur penting dalam perusahaan adalah karyawan atau tenaga kerja. Para karyawan yang sehat dan selamat merupakan aset penting bagi keberlangsungan operasional perusahaan. Bayangkan bila terjadi wabah penyakit atau kecelakaan di tempat kerja, berapa banyak kerugian terutama dalam segi material yang akan diderita perusahaan tersebut? Selain kerugian karena pekerjaan yang terhambat, perusahaan juga akan mengeluarkan biaya perawatan ataupun ganti rugi pada para karyawannya yang sakit atau mengalami kecelakaan kerja.

Prinsip dasar HSE diantaranya bahwa semua kecelakaan, cedera, sakit akibat kerja dan pencemaran lingkungan dapat dicegah. HSE merupakan tanggung jawab bersama antara karyawan dan manajemen perusahaan. Para karyawan seharusnya mengedepankan HSE sebagai syarat baginya bekerja, demi keselamatan dirinya sendiri. Sementara jajaran Manajemen bertanggungjawab dalam pelaksanaan HSE di lokasi kerja.

Kepedulian terhadap HSE, baik dari karyawan maupun manajemen mempunyai dampak yang baik bagi bisnis perusahaan. Anda bisa melihat hampir semua perusahaan maju memiliki sistem manajemen HSE yang baik. Tentunya program HSE setiap perusahaan berbeda, disesuaikan dengan tingkat resiko masing-masing pekerjaan. Misalnya, program HSE pada perusahaan tambang akan berbeda dengan program HSE pada perusahaan konstruksi.

Salah satu perusahaan besar di Indonesia yang mementingkan HSE adalah Indopoly. Perusahaan ini berkecimpung di usaha industri packaging, yakni memproduksi kemasan banyak produk makanan instan, makanan ringan, rokok, dan jenis FMCG (Fast Moving Consumer Goods) lainnya.

Indopoly memesan papan indikator HSE berupa acrylic fabrication kepada Gusto Sign. Papan HSE, atau HSE Performance Indicator Board tersebut terbuat dari acrylic transparan dan sticker. Acrylic transparan berukuran 150 cm x 100 cm diproses melalui teknik laser cutting sementara teknik digital printing diterapkan pada sticker berukuran sama. Pada bagian depan HSE Board dipasang slot-slot yang juga terbuat dari acrylic transparan agar mudah diisi dan diganti.

Acrylic Fabrication - Gusto Sign (2) Acrylic Fabrication - Gusto Sign (1)

Papan monitoring seperti contoh diatas diperlukan untuk mengukur performa HSE yang berlangsung. Bila perusahaan Anda berencana untuk membuat papan monitoring seperti HSE Performance Indicator Board Indopoly tersebut, Anda bisa menghubungi tim Gusto dalam pembuatan acrylic fabrication serupa. Kami juga menyediakan beragam safety sign untuk keperluan K3L di tempat kerja Anda.

Sources:
http://www.kunlene-sz.com/
http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/10/kesehatan-dan-keselamatan-kerja-k3.html
http://safety-blog.blogspot.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s