(Introduction) Sign (Bagian Pertama)

Tak terhitung banyaknya pengalaman Gusto dalam pembuatan sign. Beragam project yang tim kami kerjakan bagi para klien, dari bisnis rumahan skala kecil sampai perusahaan besar telah kami ulas pada artikel-artikel terdahulu.

Bagaimanapun keberagaman jenis dan tipenya bisa jadi membingungkan bagi Anda yang ingin memilih sign yang tepat untuk usaha atau perusahaan Anda. Kini kami akan membahas pengenalan jenis, tipe, beserta fungsinya untuk memperkaya pengetahuan Anda.

Secara garis besar, tujuan utama sign adalah untuk menyampaikan informasi. Secara umum, fungsinya dapat diklasifikasikan sebagai berikut:

1. Fungsi informasi. Menyampaikan informasi tentang suatu produk, jasa, atau fasilitas, misalnya peta, petunjuk pemakaian, dan sebagainya. Informasi yang disampaikan dapat mempengaruhi calon pelanggan untuk memutuskan akan membeli atau menggunakan produk dan jasa tertentu, karenanya sign merupakan hal yang penting bagi strategi promosi.

Image

2. Fungsi petunjuk arah. Memberi petunjuk dan arahan menuju letak suatu fasilitas dan area, biasanya  ditandai dengan tanda “panah”.

Image

3. Fungsi identifikasi. Memberi identitas pada suatu fasilitas atau layanan, misalnya nama perusahaan, nomor kamar hotel, nomor lantai gedung, plang toilet, dan sebagainya.

Image

4. Fungsi keamanan (safety) dan peraturan. Memberi instruksi apa yang boleh atau tidak boleh dilakukan terkait keamanan dan peraturan yang berlaku di area tertentu, misalnya tanda dilarang merokok, tanda waspada terhadap bahaya kebakaran, dan semacamnya.

Image

Berdasarkan lokasinya, sign dapat dibagi ke dalam dua kategori besar, yakni outdoor sign dan indoor sign. Sementara berdasarkan fungsi-fungsi yang telah disebutkan diatas, sign dapat dibagi menjadi signagewayfinding, dan safety & regulatory sign.

Bersambung

Source:
http://en.wikipedia.org/wiki/Signage

2 thoughts on “(Introduction) Sign (Bagian Pertama)

  1. Pingback: (Introduction) Sign (Bagian Kedua) | Gustosign's Weblog

  2. Pingback: (Introduction) Sign (Bagian Ketiga) | Gustosign's Weblog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s