Signage Sebagai Eksistensi Brand

Apakah yang terlintas di benak Anda saat melihat huruf ‘M’ besar berwarna kuning ketika berkendara atau berjalan-jalan di pusat pertokoan? Sebagian besar dari kita bisa langsung mengetahui bahwa di lokasi itu ada restoran McDonalds walaupun yang tampak hanya bentuk huruf ‘M’ berwarna kuning. Branding McDonalds yang begitu kuat menjadikan signage restoran cepat saji ini pun sedemikan populer.

Demikian juga dengan restoran cepat saji lainnya yang populer di Indonesia, yakni Kentucky Fried Chicken (KFC). Restoran dengan menu utama ayam goreng ini memiliki sign yang sangat khas karena menampilkan ikon seorang pria tua berjanggut putih. Bila kita menyebutkan branding KFC, langsung terbayang sosok pria tua ini yang ternyata adalah pendiri dan penemu resep KFC yakni Kolonel Harland Sanders.

Image

McDonalds dan KFC adalah dua dari sekian banyak brand restoran cepat saji kelas dunia yang sudah kita kenal. Saat kita berada di tempat yang asing, biasanya kita akan mencari kenyamanan dan keamanan dari hal-hal yang familiar, termasuk signage. Andai kata Anda tersesat di suatu tempat, lalu di ujung jalan Anda melihat lengkungan huruf ‘M’ besar berwarna kuning dan Anda langsung tahu restoran McDonalds akan Anda jadikan patokan lokasi saat menelepon teman untuk meminta bantuan.

Selain restoran cepat saji, banyak contoh brand yang melekat di benak kita diantaranya brand produk elektronik seperti Apple. Logo Apple begitu sederhana dan elegan, sehingga kata “Apple” tidak perlu disematkan pada logo. Di Grand Central Terminal, stasiun kereta bawah tanah di kota New York, tampak dua logo Apple berupa lighted sign pada dinding di area tangga utama. Anda akan langsung tahu bahwa di stasiun itu terdapat toko elektronik kebanggaan Amerika tersebut.

Image

Signage yang mudah diingat menunjukkan eksistensi yang kuat dari sebuah brand. Hal ini perlu dipikirkan oleh setiap perusahaan atau wira usaha yang ingin membangun brand awareness atas produk mereka di masyarakat. Desain logo produk Anda dengan simpel dan eye-catching, dan hubungi Gusto bila Anda membutuhkan bantuan dalam memproduksi signage. Tim kami dengan senang hati akan melayani Anda.

Sources:
http://www.metropolismag.com/Point-of-View/November-2013/Signgeist-3-Signage-as-Brand/index.php?cparticle=1&siarticle=0#artanc
http://www.metropolismag.com/Point-of-View/November-2013/Signgeist-3-Signage-as-Brand/index.php?cparticle=2&siarticle=1#artanc
Image Sources:
http://www.metropolismag.com/Point-of-View/November-2013/Signgeist-3-Signage-as-Brand/4%20%20Fast%20Food.jpg
http://www.metropolismag.com/Point-of-View/November-2013/Signgeist-3-Signage-as-Brand/5%20Apple%20Store%20GCT.jpg

 

One thought on “Signage Sebagai Eksistensi Brand

  1. Pingback: Merchandise Label IOS Indonesia untuk Komunitas Pengguna iPhone | Gustosign's Weblog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s