Signage MDF untuk Oxygen Denim

Medium Density Fibreboard, atau yang biasa kita kenal dengan sebutan MDF, adalah produk olahan kayu yang terbuat dari serbuk kayu yang direkatkan dengan resin sintetis kemudian dipanaskan dengan suhu tertentu. Penggunaan MDF yang paling umum adalah sebagai core material atau bahan utama produk-produk interior seperti lemari, meja, credenza, dan furniture lainnya

Dengan teknologi mesin laser terkini, penggunaan MDF kian meluas ke bidang promosi. Dengan mesin laser, material yang tergolong murah ini kini dapat dipotong dan diukir dengan teknik laser cutting dan laser engraving guna membentuk signage. Pengerjaan laser cutting yang detail pun dapat dilakukan terhadap MDF karena kepadatan material ini yang solid sehingga bebas retak serta cocok untuk membentuk font dan logo yang diinginkan.

Anda berminat membuat signage bisnis Anda dari bahan MDF? Sebelum menerapkan teknik laser pada MDF, perhatikan dulu beberapa hal terkait material ini:

Variasi Ketebalan

Ketebalan material yang biasanya tersedia dengan ukuran 2440 mm x 1220 mm ini bervariasi dari mulai 3 mm sampai 25 mm. Anda sebaiknya menyeimbangkan ukuran logo dengan ketebalan MDF. Semakin besar ukuran logo bisnis Anda, maka idealnya semakin tebal pula MDF yang dibutuhkan agar menciptakan dimensi yang cukup pada signage.

Finishing Permukaan

Material ini memiliki banyak variasi finishing yang dapat Anda pilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Jenis finishing MDF diantaranya adalah Plain MDF, Melamine MDF, Laminated MDF. Bila menginginkan tampilan signage dengan berbagai warna, Anda dapat memilih Melamine MDF yang dapat di cat sesuai corporate colour bisnis Anda.

Tipe MDF

Umumnya, MDF yang banyak tersedia di pasaran merupakan MDF tipe interior grade, yang walaupun mudah dibentuk menjadi produk interior apa saja namun salah satu kelemahannya adalah tidak tahan air. Bila signage akan dipasang di dalam ruangan, Anda dapat memilih tipe MDF ini. Namun untuk outdoor signage, sebaiknya Anda memilih tipe exterior grade MDF agar signage tetap bertahan walaupun cuaca buruk.

Proyek pembuatan signage berbahan MDF yang dikerjakan di workshop Gusto baru-baru ini salah satunya adalah signage milik Oxygen Denim di Jakarta. Signage toko yang didirikan pada tahun 2004 lalu ini dibuat menggunakan Laminated MDF bermotif wood sehingga tampak natural seperti signage-signage pada bar di film-film koboi lawas.

Image

Pertama-tama teknik laser cutting diterapkan pada MDF untuk menciptakan channel letter logo Oxygen Denim. Warna kehitaman pada sisi channel letter yang dihasilkan oleh teknik laser cutting ini menciptakan efek bayangan pada logo sehingga memperkuat penampakan dimensinya. Setelah itu channel letter ditempelkan pada base berbahan sama.

Image

Sources:
http://www.eurolaser.com/materials/mdf/
http://www.woodworkbasics.com/mdf.html
http://yourlaser.co.uk/materials/MDF/

Oxygen Denim

Office : Jl. Kebon Kacang 9, No 74 B

Jakarta Pusat

Phone: +62-21-31903331.

PIN: 25F748FE

www.store.oxygendenim.com

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s