Laser-cut MDF Puzzle untuk Pasangan

Puzzle MDF Laser Cut - Gusto Sign (5)

Jika Anda mengikuti jurnal kami, Anda tentu sudah tak asing dengan pasangan mdf dan laser cut. Keduanya memang pasangan ampuh untuk produksi. Bahkan mungkin Anda juga pernah membaca jurnal kami yang membahas pembuatan puzzle memakai laser cutting technique, baik dua dimensi maupun tiga dimensi. Proyek satu ini tak jauh berbeda dengan puzzle kala itu. Perbedaannya ada di desain puzzle serta pemasangannya sendiri.

Kalau jurnal sebelumnya membahas pembuatan puzzle standar, kali ini kami ingin mencoba mengaplikasi laser cut untuk puzzle berdiri. Untuk itu, ketebalan bahan puzzle jadi titik utama produksi. Supaya puzzle bisa berdiri, paling tidak material yang dipakai harus memiliki ketebalan minimal 5mm. Untuk proyek ini sendiri kami memakai mdf yang kokoh dengan ketebalan 9mm.

Salah satu keunggulan laser adalah mampu memotong bahan hingga 3cm tanpa putus. Karena itu pemotongan puzzle ini tak menghadapi kendala berarti. Terlebih lagi desain vektor puzzle sudah di buat agar menyesuaikan dengan spesifikasi mesin. Yaitu memakai garis dengan ketebalan 1px tanpa ada perpotongan dam fill gambar. Selanjutnya file vektor tinggal diteruskan ke mesin laser dan pemotongan pun di mulai. 

Puzzle MDF Laser Cut - Gusto Sign (2) Puzzle MDF Laser Cut - Gusto Sign (4) Puzzle MDF Laser Cut - Gusto Sign (1)

Hasilnya sudut-sudut puzzle menempel sempurna satu sama lain, sehingga puzzle terlihat jadi satu kesatuan yang utuh saat bersama. Berikutnya kami akan mencoba membuat puzzle yang sama dengan material berebeda. Ikuti terus jurnal kami, ya!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s