Tradisional Berpadu Modern dalam Gunungan Wayang Acrylic

cutting sticker & acrylic wayang - gusto sign (4)

Memanfaatkan acrylic untuk karya memang bukan barang baru. Terutama kalau yang ingin dicapai adalah efek modern, simple dan stylish. Seperti pernah kami perlihatkan di jurnal-jurnal sebelumnya, berkreasi dengan acrylic ibarat bermain-main di angkasa luas, tanpa batas! Ragam material dasar acrylic yang aneka warna juga membuatnya semakin fleksibel. Ada yang memakai acrylic transparan untuk mencetak gambar dengan tekhnik POM (Print on Material); koper modern; acrylic solid untuk maket, puzzle, kartu nama, dan sebagainya. Serta yang paling umum adalah penggunaan acrylic untuk sign.

Tapi apa jadinya kalau acrylic yang modern ini di pakai untuk material dasar karya yang justru kental nuansa tradisional? Jangan salah, perpaduan modern dan tradisional justru menghasilkan karya fenomenal. Lihat saja unsur wayang yang biasa di sebut gunungan di bawah. Sebagai unsur penting dalam pementasan wayang, gunungan kental filosofi normatif yang melatari cerita wayang itu sendiri. Dalam pementasan wayang, gunungan biasa di pakai sebagai penanda awal/akhir cerita atau babak. Maka bentuk dan penampilan gunungan pastilah mempengaruhi keseluruhan citra wayang.cutting sticker & acrylic wayang - gusto sign (1)

cutting sticker & acrylic wayang - gusto sign (5)

Dalam karya ini, gunungan di buat memakai acrylic solid warna hitam. Kilau samar-samar yang dihasilkan material acrylic diimbangi oleh warna krem emas dari bahan sticker sebagai pembentuk pola gunungan. Bentuk gunungan sendiri dihasilkan dari pemotongan dengan laser-cut. Sedangkan untuk membuat pola tersebut teknik sticker yang di pakai adalah cutting sticker menggunakan sticker solid. Hasilnya seperti terlihat, tak menghilangkan unsur filosofisnya sekaligus meniupkan nafas baru di ranah pewayangan. Refleksi acrylic solid pun nampak saling mengisi dengan warna sticker di atasnya. Karya lain yang menampilkan wayang dalam balutan acrylic bisa di lihat di sini.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s