Open Source Furniture Design bersama OpenDesk

Minggu lalu kita sudah puas bermain dengan acrylic, minggu ini saatnya melihat sekeliling Anda. Apakah Anda sudah puas dengan suasana rumah atau area kerja Anda? Jika ya, selamat! Karena rumah dan area kerja merupakan dua tempat dimana kenyamanan mutlak adanya. Rumah yang nyaman dan disukai pemiliknya pasti mampu meniupkan semangat baru saat sang pemilik lelah. Sedangkan area kerja yang menyenangkan membuat pekerjaan selesai lebih baik tanpa menguras energi sang penghuni.

Jika ada beberapa hal yang masih terasa mengganjal, mengapa tidak menata ulang dua area tersebut? Desain interior dan arsitektur merupakan dua bidang ilmu yang paling berperan dalam nuansa hunian. Sayangnya tak semua orang punya akses pada ahli-ahli tersebut. Tak masalah, karena Anda juga bisa mengatur sendiri suasana rumah sesuai dengan keinginan dan kemampuan Anda. Bahkan, Anda dapat mendesain sendiri furniture yang cocok untuk ruangan, kemudian memproduksinya di workshop yang memiliki peralatan lengkap agar lebih cepat selesai dan hasilnya rapi.

Lalu bagaimana kalau Anda tak punya cukup waktu mendesain furniture? Dua orang desainer furnitur Joni & David Steiner, bekerja sama dengan tim fabrikasi digital Development 00 membentuk sebuah proyek yang dinamai OpenDesk.

OpenDesk merupakan open source furniture design, dimana orang-orang bisa mengunduh atau mendownload rancangan furniture, kemudian mengirimnya ke mesin CNC Router untuk diproses menjadi barang siap pakai. Tak hanya menyediakan rancangan furniture bebas lisensi, OpenDesk juga menyediakan jasa produksi furniture yang diinginkan, kemudian mengirimnya dengan sistem pengemasan flatpack a la IKEA. Memang semua desain yang ditampilkan di OpenDesk merupakan desain furniture bongkar-pasang.

Karena OpenDesk sifatnya open source, desainer-desainer furniture juga diajak ikut merancang furniture untuk ditampilkan dan diunduh di website mereka. Dengan demikian, OpenDesk ini menjadi proyek yang melibatkan banyak orang, untuk banyak orang pula. Melalui proyek ini, para penggagasnya ingin memberikan solusi furniture masa depan yang proses rancang dan produksinya transparan sehingga ketahanan produk sudah bisa dipastikan dari sejak konsumen membeli furniture tersebut.

Sebuah proyek yang menarik! Di atas adalah beberapa contoh desain furniture yang bisa diunduh di OpenDesk. Jika Anda kesulitan mencari workshop untuk proyek furniture Anda, workshop kami siap membantu. Kami memiliki kombinasi mesin yang tepat untuk produksi interior dan furniture. Terdiri atas mesin CNC Router, mesin laser, mesin print untuk macam-macam material, mesin POP Display dan mesin cetak wallpaper. Selamat berkreasi dengan rumah Anda!

2 thoughts on “Open Source Furniture Design bersama OpenDesk

  1. Hello,
    OpenDesk is a project started by two furniture designers, Joni & David Steiner along with Development 00. You can read more about the project here. I agree, it’s def a nice stuff!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s