Packaging Tugas Akhir oleh Pandu Wibisono

Packaging - Gusto Sign (3)

Pertempuran Bojong Kokosan mrupakan peristiwa sejarah yang terjadi sekitar 1945-1946, tepat setelah proklamasi kemerdekaan Indonesia. Peristiwa ini merekam perjuangan putra bangsa mempertahankan tanah kelahirannya. Saat pasukan sekutu yang dipimpin Inggris hendak memperkuat pasukannya yang berada di Bandung, mereka disergap oleh pejuang di Bojong Kokosan, Sukabumi. Sejak tahun 2004, peristiwa yang berawal tanggal 9 September 1945 ini dperingati sebagai Hari Juang SIliwangi.

Meski telah lama berlalu, peristiwa ini masih menarik diangkat. Seorang pejuang muda masa kini bernama Pandu Wibisono, bahkan mencatatkannya dalam tugas akhir perkuliahan. Mahasiswa Bina Nusantara yang sebentar lagi merayakan kelulusannya memilih Bojong Kokosan yang relatif dekat dengan daerah asalnya di Sukabumi.

Di Gusto, Pandu membuat box dari material corrugated board. Box packaging diproses memakai teknik cutting dari mesin POS (point of sales). Mesin ini mampu membuat packaging dan display dar material ramah lingkungan seperti corrugated board, re-board dan sebagainya.

Packaging - Gusto Sign (1) Packaging - Gusto Sign (5)

Setelah bagian utama packaging di bentuk lewat mesin POS, giliran membuat bagian sampul packagingnya. Sampul packaging memakai ilustrasi yang sudah dibuat Pandu. Kami bertugas mencetak ilustrasi tersebut di atas kertas putih. Warna coklat sendiri berasal dari ilustrasi Pandu, walaupun begitu hasil akhirnya terlihat seolah warna tersebut dihasilkan dari bahan dasar kertas. Tulisan timbul di bagian sampul aslinya berasal dari cutting sticker warna metalik yang ditempelkan di atas ilustrasi hasil print on material tadi.

Packaging - Gusto Sign (2) Packaging - Gusto Sign (4)

Packaging ini merupakan bagian dari tugas akhir Pandu yang membahas tentang peristiwa sejarah Bojong Kokosan. Melalui packaging dan konten yang menarik, peristiwa sejarah tentu mampu menjangkau anak-anak muda modern sekaligus menghidupkan kembali semangat juang di antara mereka. Semoga lancar tugas akhirnya ya.

One thought on “Packaging Tugas Akhir oleh Pandu Wibisono

  1. Pingback: Acrylic Fabrication Mungil untuk Neonbox | Reklame | Neon Box | Laser Cutting Indonesia | Signage

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s