Safety Sign Efektif dengan Print

Kalau Anda rajin berkunjung ke ruang publik seperti pusat belanja, rumah sakit, rumah makan dan sebagainya, Anda pasti pernah menemukan sign seperti ini. Sign ini disebut Safety Sign, yaitu sign yang berfungsi sebagai informasi maupun peringatan terkait keselamatan umum.

Safety sign dilihat dari pesannya memiliki jenis beragam. Ada safety sign yang sifatnya red alert atau tanda bahaya, peringatan sampai informasi panduan. Contoh di bawah merupakan safety sign milik Kagum Group yang berisi pesan  panduan evakuasi, biasa disebut sebagai Evacuation Map.

evacuation map - gustosign (3)

Dalam evacuation map kita dapat menemukan rute penyelamatan diri apabila terjadi kecelakaan atau bencana. Evacuaton Map termasuk sign wajib di setiap area publik. Pembuatannya pun harus memenuhi standar tertentu. Diantaranya faktor keterbacaan dan kontras antara latar belakang dengan warna pesan.

Dahulu, evacuation map biasa dibuat dengan teknik sablon di permukaan acrylic. Teknik ini bukannya bebas kendala. Seperti kita ketahui, teknik sablon memerlukan banyak proses dan rentan terhadap kesalahan cetak. Ini karena sablon tidak sepenuhnya dilakukan oleh mesin. Sebagai gambaran, untuk membuat sebuah evacuation map, pertama-tama diperlukan desain dalam format vektor. Kemudian desain vektor itu diubah jadi negatif film untuk pembuatan screen sablon. Selanjutnya, baru screen diletakkan di permukaan acrylic untuk proses sablon. Setelah sablon selesai, screen dan acrylic harus dikeringkan selama waktu tertentu agar tinta menempel sempurna.

Kekurangan hasil sablon untuk evacuatin map adalah tinta menempel di permukaan acrylic. Otomatis tinta akan terasa timbul jika acrylic diraba, ini membuat tulisan berbayang kala dilihat dari jarak tertentu. Tentu saja kekurangan ini tak seberapa untuk produk biasa, tapi untuk evacuation map yang harus bisa dibaca jelas dalam waktu sempit, kekurangan seperti ini akan sangat terasa. 

Untuk itu, ada teknik lain yang bisa dipakai membuat evacuation map. Teknik ini pertama kali diterapkan di workshop kami oleh salah satu klien kami, Hotel Savoy Homann di tahun 2010. Teknik ini menggabungkan teknik print dengan cutting.

Caranya, desain evacuation map dalam bentuk vektor dicetak menggunakan mesin print ke art paper. Kemudian art paper tersebut dijepit oleh dua lembar acrylic transparan yang sudah dipotong sesuai ukuran evacuation map. Keunggulan teknik ini selain waktu pengerjaan cepat dan rapi, evacuation map tidak bertekstur kalau diraba. Isi pesan juga bisa dirubah-rubah sesuai file desain, jadi tidak perlu membuat screen baru. Otomatis lebih hemat dan fleksibel.

evacuation map - gustosign (2) evacuation map - gustosign (1)

Evacuation map Kagum Group seperti terlihat memakai teknik baru. Menghasilkan evacuation map yang bagus dan paling penting: jelas terbaca.

Proses Sablon

file vektor -> negatif film -> screen -> sablon -> pengeringan/finishing

Kekurangan:

  • pengerjaan lebih lama
  • waktu pengeringan lebih lama
  • rentan kesalahan
  • tinta teraba saat acrylic dipegang
  • tulisan berbayang kalau dilihat dari sudut dan jarak kurang pas
  • isi pesan/konten harus sama. Jika ingin membuat evacuation map lain atau memperbaharui evacuation map lama, harus membuat screen baru

Proses Print & Press

file desain vektor -> cetak desain di art paper -> pemotongan acrylic -> perekatan/finishing

Kelebihan:

  • waktu pengerjaan relatif cepat
  • tidak memerlukan waktu pengeringan
  • permukaan evacuation map halus kalau diraba
  • tulisan jelas dan kontras terjaga (faktor keterbacaan terpenuhi)
  • isi pesan bisa dirubah kapanpun, tidak perlu membuat screen baru. Sehingga bisa membuat banyak evacuation map berbeda dalam satu waktu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s