Memadukan Varian Promosi untuk Usaha (Bagian II)

Hari Senin lalu kita sudah melihat varian promosi apa saja yang wajib ada untuk usaha retail kecil yang jadi ilustrasi kali ini. Nah sekarang mari kita lanjutkan perjalanan kita ke bagian II, yaitu media promosi sekunder yang wilayah kreasinya jauh lebih luas. Di sini, kita akan memanfaatkan apapun yang ada di sekeliling tempat usaha untuk menaruh logo, nama atau promosi singkat menyangkut usaha kita.

Contoh-contoh di bawah bisa dijadikan inspirasi untuk usaha Anda. Tapi jangan terpaku pada hasil jadi tersebut, semuanya masih bisa dikreasikan sesuai kebutuhan dan keinginan Anda. Anda tinggal memodifikasi desain kemudian mengepasnya dengan mesin-mesin produksi yang ada di workshop. Luangkan waktu untuk berkonsultasi sebelum produksi dilaksanakan. Kenali kebutuhan Anda dan biarkan media promosi bekerja untuk Anda.

Media Promosi Sekunder

– POS

Penjelasan lengkap tentang POS (Point of Sales) bisa di baca di website kami. POS bisa dibilang trend baru dunia retail. Bagaimana tidak, POS bisa dibentuk apa saja, bahkan bisa dibuat interaktif langsung dengan konsumen. POS juga kaya warna dan ringan. Cocok untuk retail apa pun.

 image credit atas-kanan: Kristina Hern

 image credit: Dmitry Gelishvili

image credit: Marco Velasco

– Shopping bag/packaging

Packaging termasuk bagian inti sebuah produk, tapi tidak terlalu mempengaruhi penjualan.  Walau begitu packaging atau kemasan yang rapi dan menarik bisa membuat produk Anda terlihat istimewa. Kebanyakan butik mahal memakai kantung kertas sebagai kantung belanja, namun ada juga yang memakai bahan plastik biasa tapi menghiasnya dengan ilustrasi yang menawan.

Kemasan cupcake dan cindera mata di bawah bisa jadi contoh yang menarik. Cup yang ini di-laser cut untuk menghasilkan efek ornamental yang cantik. Sedangkan box milik de Kitab ini selain di-grafir dengan laser juga diisi tinta emas yang elegan. Selain laser, print on material juga bisa dipakai untuk membuat produk lebih menarik lewat kemasannya.

 – Sign pintu & Sign promo/SALE

Sign pintu seperti juga sign promo sifatnya temporer dan mudah di lepas-pasang. Sign-sign ini bisa dibuat dari acrylic dipadu sticker. Kombinasi dua material tersebut selain terjangkau juga sangat fleksibel. Jangan lupa cantumkan logo Anda di semua sign seperti ini.

image credit: HP Wall Art

– Display kasir/tempat kartu nama

Display seperti ini cocok di taruh di meja kasir atau front-line. Variannya beragam dari mulai tempat kartu nama, tempat brosur, display aksesori dan sebagainya. Yang penting diingat cantumkan lagi logo, nama usaha dan lengkapi dengan alamat sosial media yang bisa diakses konsumen di mana saja.

 

– Sign System

Sign system sedikit berbeda dengan signage, meskipun signage merupakan bagian dari sign system. Singkatnya, semua materi sign termasuk penunjuk jalan, identifikasi dan sebagainya akan turut membantu membuat usaha kita semakin dikenal. Syaratnya, sign system dibuat mengikuti konsep usaha kita, mencantumkan nama atau logo, serta tepat penempatannya. Lebih lengkap tentang sign bisa di baca di jurnal kami sebelumnya.

 

– Pamflet, Katalog, Banner, Flyer

Materi promosi yang dibagikan bisa mempunyai rentang baca yang lebih lama. Karena itu efektif untuk menyampaikan kelebihan produk Anda dibandingkan kompetitor. Memberi pengetahuan lebih dalam tentang produk Anda, sampai menampilkan seluruh produk dalam lembaran katalog.

Kalau dulu materi promosi ini hanya terbuat dari kertas, mengapa tidak jadi inovator dengan memanfaatkan teknik print on material di permukaan material eksklusif seperti kain, kanvas, veneer kayu, multipleks, acrylic dan sebagainya?

– Sticker

Lembaran-lembaran sticker ternyata juga bisa jadi media promosi yang mengikat. Selain sebagai merchandise atau cindera mata, sticker bisa di pakai untuk banyak hal. Saat di showroom atau toko, Anda bisa memakai sticker sandblast untuk memberi nuansa pada kaca-kaca. Buat sticker sandblast khusus yang menampilkan nama serta logo, kemudian tambahkan ilustrasi lain yang sesuai. Sticker sandblast atau kaca es tak harus tampil biasa bukan?

Sticker juga cocok untuk dekorasi lewat wall decal, serta media iklan dengan cutting sticker. Salah satu contoh penggunaan sticker untuk materi promosi bisa diintip di bawah.

Sticker lepas-pasang untuk merchandise Toyota.

Selain contoh-contoh di atas, masih ada banyak sekali materi dan media promosi yang efektif. Kuncinya tinggal mau berkreasi dan mengekplorasi teknik-teknik yang ada. Gusto Sign bisa jadi titik awal yang tepat karena kami memiliki banyak mesin berkualitas tinggi yang bisa memenuhi kebutuhan-kebutuhan promosi Anda.

2 thoughts on “Memadukan Varian Promosi untuk Usaha (Bagian II)

  1. Terima kasih,
    Kami juga melayani pemesanan dari seluruh Indonesia. Silakan hubungi marketing kami melalui Y!M atau BBM (bisa dilihat di bagian bawah halaman ini) 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s