Memadukan Varian Promosi untuk Usaha (Bagian I)

Apakah Anda baru saja memulai usaha? Terkadang ketika kita baru memulai usaha, banyak hal penting yang terlewat oleh kita. Akibatnya saat usaha dibuka, kita kerepotan memenuhi tuntutan tersebut. Tak jarang yang terlewat sebenarnya merupakan aspek krusial usaha, contohnya media promosi.

Tak seperti event atau usaha-usaha yang bersifat temporer, usaha utama Anda membutuhkan persiapan promosi yang matang. Apalagi bila Anda juga menyiapkan ruang usaha atau showroom untuk usaha Anda.

Kalau begitu, media promosi apa saja yang bisa Anda antisipasi pembuatannya dari jauh hari? Berikut kami paparkan beberapa contoh  media promosi usaha mulai dari yang primer sampai sekunder. Untuk mempersempit bahasan, kali ini kami mengangkat usaha retail kecil sebagai ilustrasi. Saat hari pembukaan tiba, Anda bisa memanfaatkan media yang telah Anda buat untuk menjaring sebanyak-banyaknya calon konsumen. Klik pada masing-masing gambar untuk detail gambar selengkapnya.

Media Promosi Primer:

– Kartu nama

Sepertinya kartu nama sudah tergolong media promosi wajib untuk usaha, apapun usaha Anda. Cantumkan juga alamat showroom dan media sosial yang bisa di-follow atau dihubungi selain nama dan nomor telepon,. Tak lupa, sertakan logo perusahaan dan bidang usaha yang Anda tekuni.

Cara instan supaya kartu nama Anda diingat dan disimpan calon konsumen tentu dengan membuat desain kartu nama atraktif dan unik. Beberapa kartu nama dengan laser cutting/engrave di bawah bisa jadi inspirasi.

– Signage

Siapa yang tak butuh signage? Semua usaha pasti butuh tanda pengenal satu ini. Signage variasinya macam-macam. Bisa dari papan dengan print, channel letter, cat, dan sebagainya. Signage juga bisa dikombinasikan dengan neon box atau compact slim light agar lebih menarik.

– Label & Hangtag

Label dan hangtag adalah dua item penting lainnya. Selain penanda identitas, dua item ini juga otomatis menaikkan nilai jual Anda, memperkenalkan brand atau merk Anda, dan menempel pada barang dalam waktu lama. Label biasanya di cetak atau bordir di bahan kain tafetta atau satin, ada juga yang di-patch atau emboss di bahan kulit. Sedangkan hangtag biasanya dari kertas.

Tapi tahukah Anda kalau sebenarnya dua item standar ini terbuka bagi kreasi tanpa batas? Manfaatkan laser dan material beragam untuk membuat label/hangtag Anda berkesan mewah. Pada akhirnya, kedua item ini akan ikut menaikkan nilai jual produk Anda.

– Display

Sepertinya setiap usaha tak mungkin dilepaskan dari display. Fungsinya untuk menaruh dan memamerkan produk yang Anda jual agar tampak menarik dan rapi. Kebanyakan retail memakai display jadi yang siap pakai. Masalahnya, ketika display sampai di toko, belum tentu display tersebut cocok dengan konsep dekorasi yang direncanakan semula.

Memang memesan display khusus memerlukan biaya tambahan. Tapi biaya ini hanya keluar di awal Anda membuka toko, selanjutnya Anda bisa memanfaatkan display tersebut untuk waktu lama. Sebaliknya Anda mendapatkan display yang kokoh, lengkap dengan logo Anda serta jauh lebih menarik. Secara keseluruhan membuat usaha Anda lebih istimewa dan terkesan profesional.

Varian-varian promosi di atas termasuk media promosi yang wajib ada untuk usaha. Sebaiknya ketika mendesain untuk media-media promosi, rangkum semuanya dalam satu konsep yang sama. Dengan begitu, kapan pun dimana pun customer melihat warna atau nuansa yang mirip dengan nuansa desain Anda, ia akan langsung mengingat toko Anda.

Di jurnal berikutnya kami akan merinci varian promosi lain yang bisa Anda eksplorasi untuk menaikkan popularitas dan minat calon customer. Di antaranya memanfaatkan point of sales atau titik promosi yang langsung berhadapan customer, merombak katalog standar dengan yang unik, dan sebagainya. Mari berangkat ke bagian II artikel ini!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s