Brass Etching Liontin dari Cyntia

brass etching - gusto sign (3)

Kuningan memang bukan termasuk bahan yang populer untuk aplikasi kikis-mengikis dengan grafir atau etching misalnya. Tapi siapa bilang ia tak istimewa? Hasil etching pada material kuningan justru tampil penuh tekstur dan kaya kilau yang memukau.

Kuningan atau brass adalah material logam yang merupakan perpaduan antara tembaga dan seng denagn kadar tembaga antara 60-96% massa. Yang tidak banyak orang tahu, kandungan tembaga dalam kuningan membuatnya bersifat antiseptik. Sehingga kuningan mampu mematikan banyak bakteri yang menempel padanya dalam waktu 8 jam. Karena itu, kuningan banyak dipakai untuk material seperti gagang pintu dan sebagainya.

Tak hanya apik sebagai aksesori rumah, kuningan juga cantik sebagai aksesori. Contohnya liontin dari kuningan yang baru saja keluar dari workshop kami ini. Liontin dengan ukuran sekitar 6 x 4 sentimeter dengan ketebalan 3mm dipesan oleh Cyntia. Masing-masing liontin digrafir untuk memunculkan ilustrasi berupa siluet yang dirancang Cyntia.

Mulanya, etching akan diterapkan pada ilustrasi yang dibuat Cyntia tersebut. Namun pada prakteknya kemudian, ternyata brass etching tampak jauh lebih bagus saat diterapkan pada bidang di sekeliling ilustrasi tersebut. Dengan kata lain, etching justru diaplikasi di seluruh bidang liontin selain garis-garis ilustrasi. Mirip klise/negatif pada foto dengan kamera analog. Hasilnya, ilustrasi tampil menonjol bagai ukiran ahli. Liontin yang sempurna untuk orang-orang terkasih.

brass etching - gusto sign (3) brass etching - gusto sign (2)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s