Sign System untuk Area Pribadi

Restroom Sign - Gusto SIgn (2)

Sebuah sistem tanda yang bertujuan untuk memudahkan indentifikasi sekaligus memenuhi fungsi komunikasi bisa disebut sistem sign. Sistem sign paling banyak dipakai untuk ruang usaha dan ruang publik. Keberadaannya sangat penting dan tak tergantikan. Bayangkan saja sebuah usaha tanpa sign atau papan reklame di pintunya, akankah ada calon konsumen yang mengenali?

Meskipun signage atau papan reklame sudah sangat umum, tapi belum banyak yang menerapkan sistem sign terencana pada propertinya. Sistem sign terencana maksudnya semua sign dalam satu properti atau kawasan usaha tersebut dibuat secara berkesinambungan, dalam satu konsep yang sama. Tujuannya selain menambah nilai estetika, juga menempelkan brand image atau citra usaha kita di mata konsumen. Misalnya untuk restoran, mulai sign masuk, desain interior, sampai nomor meja dan sign toilet sebaiknya dirancang dalam satu tema yang sama.

Sedangkan yang banyak terjadi, signage atau papan nama dibuat sangat megah, sementara nomor meja, tulisan “Smoking Room” dan sebagainya dibuat asal-asalan. Terutama sign toilet dan kasir, biasanya memakai yang sudah ada atau bahkan tidak pakai sign sama sekali. Padahal sign toilet yang unik akan menambah ciri khas serta menimbulkan rasa nyaman bagi konsumen yang akan memakainya.

Tak perlu mendesain habis-habisa, cukup samakan warna dan bahan yang dipakai dengan tema keseluruhan interior kita. Berikut contoh-contoh sign toilet yang mengadopsi tema interiornya, sekaligus berfungsi sebagai alat pengingat brand yang efektif:

 Restroom Sign - Gusto SIgn (2)Restroom Sign - Gusto SIgn (3)

Sign toilet milik Kagum Grup untuk hotel Oak Tree Urban Jakarta. Memakai MDF yang di-laser cut dengan print on material untuk ilustrasi

Restroom Sign - Gusto SIgn (1)

Sign dari acrylic yang ditumpuk berlapis. Laser cut memotong siluet yang akan jadi penunjuk lokasi.

Sign dari Kagum Grup untuk hotel Gino Feruci. Etching metal dipadu acrylic transparan memancarkan kesan mewah

Sign Sensa Hotel di kawasan Cihampelas Walk. Tak selalu harus memamerkan bagian atas tubuh

Sign toilet Dine & Chat Jambi. Ilustrasi selaras dengan tema restoran dibuat memakai acrylic dan cutting sticker

Sign Banana Inn dari Kagum Grup. Sederhana namun memikat dengan warna mencolok

Sign toilet Jing Paradise jalan Setiabudhi. Mengadopsi aura mewah yang sama dengan tema restoran memakai etching yang di-fill emas di latar hitam. Penambahan kayu membuatnya semakin megah

Bagaimana? Tak bisa dipungkiri, toilet pun tampil jauh lebih rapi hanya dengan mengganti sign-nya. Sadar ataupun tidak, toilet adalah tempat kedua yang paling sering didatangi orang dalam sebuah kawasan. Jadi, mengapa tidak memanfaatkannya sekalian?

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s