Antara Laser Engrave, Emboss atau Stamping pada Kulit

Leather Engrave - Gusto Sign (3)

Laser engrave atau grafir sudah lama dipakai untuk menaikkan nilai barang atau sekedar mempercantiknya. Terutama jika grafir tersebut diaplikasi di atas bahan kulit yang memiliki warna serta tekstur khas. Akibatnya grafir akan terlihat menonjol dan perbedaan warna pun terlihat semakin kentara.

Selain laser, emboss dan stamping juga sering dipakai untuk memberi tekstur di bahan kulit. Namun tentu saja antara laser, emboss dan stamping hasilnya berbeda. Pada stamping, teknik yang dilakukan adalah menekan kulit dengan plat semacam cetakan pola. Kulit yang akan di-emboss pun harus dalam keadaan lembab dan harus disamak dengan bahan tanaman (vegetable tanned). Proses emboss hampir sama dengan stamping, hanya bahannya lebih fleksibel. Kulit yang disamak dengan bahan kimia (chrome tanned) juga bisa di-emboss. Ini karena pada emboss, plat pola dipanaskan terlebih dahulu sebelum diaplikasi di permukaan kulit sehingga memperkuat efek embossnya. Sedangkan laser menggrafir dengan cara mengikis atau menggores permukaan kulit dengan panas yang dihasilkan sinar laser.

foto milik LW Leatherworks

Perbedaannya, pada stamping dan emboss bahan kulit tidak akan berubah warna, tak kehilangan lapisan, dan hasil cetak hanya berupa pola yang lebih dalam dari kulit di sekitarnya. Pada laser, lapisan atas kulit terkikis sehingga hasil grafir memperlihatkan warna dasar kulit, hasilnya lebih permanen dan jelas. Selain itu, proses laser tidak memerlukan plat cetakan sehingga lebih hemat untuk proyek kecil.

Contohnya laser engrave atau grafir di permukaan vest kulit ini. Logo Harley Davidson yang diukir di bagian bahu depan tampak jelas dan jauh lebih eksklusif dengan kombinasi warna dasar kulit. Baik ketika dilihat dari jauh maupun dari dekat, hasil laser memperlihatkan perpaduan bahan kulit yang kokoh dengan bahan suede yang mengintip dari sela grafir.

Leather Engrave - Gusto Sign (5)-horz Leather Engrave - Gusto Sign (1)-horz

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s