Puaskah Pelanggan Anda? Cari Tahu dengan Kotak Istimewa

Acrylic Feedback Box - Gusto Sign (3)

Sebagai enterpreneur sejati, Anda pasti paham pentingnya kepuasan konsumen terhadap produk atau jasa Anda. Sayang tak selamanya Anda bisa menerka keberhasilan service atau pelayanan tersebut.

Nah, salah satu cara untuk menilai tingkat keberhasilan Anda adalah dengan menjaring feed back atau tanggapan dari konsumen. Misalnya dengan membagikan kertas survey seperti yang banyak ditemui di restoran-restoran. Selain survey, ada cara lain yang lebih praktis yaitu memakai kotak saran dan kotak feed back di counter-counter usaha. Biasanya kotak seperti ini ditaruh di meja kasir atau dekat pintu keluar.

Kotak ini lebih praktis daripada kertas survey karena tidak membutuhkan waktu lama untuk mengisinya. Konsumen juga bisa mengisi polling saat menunggu antrian. Selain itu, hasil polling dari kotak feed back lebih mudah dinilai karena hanya terdiri dari tiga pilihan.

Untuk membuat kotak feed back seperti ini juga mudah, bahkan Anda bisa memakai kotak sederhana dengan sign sederhana. Tapi sama seperti semua aspek visual dalam usaha, bila kotak dibuat dengan menarik maka konsumen pun akan sadar akan keberadaan kotak dan kemudian berpartisipasi. Tak ada gunanya membuat kotak feed back bila tak ada yang mengisi, bukan?

Untuk itu Anda bisa melihat kotak dari klien Gusto Sign ini sebagai inspirasi. Kotak feed back di bawah dibuat dari material yang sudah kita kenal baik yaitu acrylic. Material primadona display ini paling cocok untuk pembuatan aksesori usaha. Apalagi kalau bukan berkat tampilan glossy dan ketahanan bahannya.

Acrylic Feedback Box - Gusto Sign (1)

Di sini, acrylic yang dipakai cukup yang berketebalan 2mm saja.  Lembar-lembar acrylic putih susu dipotong sesuai ukuran dengan memakai laser cut, kemudian dirangkai jadi kotak dengan posisi lubang di atas. Setelah itu, permukaannya ditempel cutting sticker dengan ilustrasi emoticon yang jadi unsur utama kotak.

Uniknya, warna masing-maisng emotikon dibuat seperti warna pada lampu lalu lintas yaitu merah, kuning, dan hijau. Tapi tak seperti lampu lalu lintas, di kotak ini warna kuninglah yang dipakai untuk menandai tingkat kepuasan yang paling tinggi. Secera lengkap, masing-maisng warna melambangkan: Merah berarti tidak puas (poor), hijau cukup puas (good), dan kuning sangat puas (excellent). Sebuah kotak yang dipastikan menarik sipapaun yang melaluinya.

Acrylic Feedback Box - Gusto Sign (2) Acrylic Feedback Box - Gusto Sign (4)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s