Trik Jitu Promo Usaha? Manfaatkan Sign

Hampir semua jenis usaha sekarang akrab dengan signage. Tapi sebenarnya seberapa penting signage untuk usaha kita? Berapa efektif signage sebagai media advertising dan identifikasi usaha? Berikut kami paparkan hal-hal yang membuat Anda melirik dua kali pada strategi promosi Anda, sudahkah signage termasuk di dalamnya?

Sebuah penelitian yang dilakukan OAAA (Outdoor Advertising Assosiation of America) menyebutkan bahwa sign atau reklame meningkatkan kesadaran akan produk yang kita jual, mempengaruhi pembelian dan total penjualan produk.

Riset lain yang dilakukan perusahaan FedEx menyebutkan 76% responden akan masuk toko yang belum mereka kenal jika sign-nya menarik perhatian mereka, sedangkan 68% pernah membeli produk karena tertarik sign produk tersebut. 60% lainnya enggan masuk ke toko yang tidak memiliki sign atau sign-nya kurang terawat.

Secara garis besar, sign menarik konsumen baru, menanamkan merk Anda di benak konsumen, dan membantu terjadinya pembelian impulsif. Tapi selain riset-riset tadi, ada beberapa poin keuntungan sign untuk usaha Anda:

  1. Media promosi efisien
  2. Memperkenalkan produk dan jasa
  3. Menyampaikan informasi penting tentang usaha Anda
  4. Menciptakan “kesan pertama” sesuai keinginan Anda
  5. Menarik perhatian dan menonjolkan usaha Anda
  6. Memudahkan calon kosumen

Media promosi efisien

  • Dari segi biaya, pembuatan sign bisa disesuaikan dengan bujet. Bahkan sign dengan bujet rendah bisa jadi efektif kalau dieksekusi dengan baik.
  • Waktu iklan lewat sign tidak terbatas, 7×24 jam non-stop.
  • Orang sekarang lebih banyak menghabiskan waktu di luar daripada membaca majalah atau menonton televisi. Sign punya lebih banyak peluang mencuri perhatian terutama pada jam sibuk.
  • Jika memakai sign, iklan atau promo bisa disesuaikan dengan keadaan lingkungan dan mayoritas tipe konsumen yang ada di lokasi tempat sign dipasang. Dengan kata lain, lebih tepat sasaran.

Memperkenalkan produk dan jasa

  • Sign berguna sebagai media identifikasi usaha Anda. Perusahaan McDonald’s contohnya, sukses merasuk ke dalam keseharian konsumen lewat sign yang dipasang di tempat-tempat strategis sehingga orang cepat mengingatnya.
  • Ibarat teman, orang akan ragu menyapa orang lain yang belum ia kenal, sign membantu menjembatani Anda dengan calon konsumen Anda.

Menyampaikan informasi penting tentang usaha Anda

  • Selain brand, tentu banyak poin penting yang perlu disampaikan pada konsumen tentang produk Anda. Biasanya keunggulan produk dibanding kompetitor atau event promo tertentu. Anda bisa menyampaikannya secara efektif lewat sign. Sign mempunyai rentang waktu baca lebih lama daripada iklan televisi atau radio. Sign juga bisa dipasang di lokasi usaha sehingga mendorong terjadinya “impulsif buying”

Menciptakan “kesan pertama” sesuai keinginan Anda

  • Konsumen memerlukan rujukan atau gambaran ketika mencoba mengingat produk Anda. Tentu saja branding menyediakan media ini lewat logo dan konsep produk, tapi sign membantu mereka menggabungkan logo, konsep, produk yang Anda jual, dan pengalaman yang mereka rasakan ketika mengonsumsi produk Anda. Ini karena pesan dalam sign biasanya menggambarkan produk dalam nuansa tertentu, di tempat-tempat yang mudah diakses konsumen. Selanjutnya, ketika mereka melihat warna atau logo Anda, mereka akan otomatis mengaitkannya dengan produk dan pengalaman mereka tentang produk Anda.
  • Sign menciptakan “top-of-mind-awareness” yaitu ketika konsumen membutuhkan sebuah produk, merk yang pertama kali mereka ingat adalah merk Anda. Top-of-mind-awareness bukan sesuatu yang diraih secara instan, melainkan lewat proses berulang. Jika sign Anda cukup menarik perhatian, maka setiap konsumen melewatinya ia akan melirik sign Anda. Disinilah proses berulang itu terjadi.

Menarik perhatian dan menonjolkan usaha Anda

  • Sekarang ini persaingan semakin ketat. Anda perlu sign yang bagus untuk menarik perhatian dan terlihat menonjol di antara banyaknya saingan. Sign berbeda dengan logo, sign bisa dirancang semenarik mungkin dan diisi pesan-pesan promo. Sign juga bisa ditaruh di lokasi yang menjual untuk menonjolkan usaha Anda.

Memudahkan calon kosumen

  • Sign membantu calon konsumen mengenali usaha Anda, sekaligus memberitahunya tentang promo yang sedang Anda selenggarakan. Konsumen tak perlu repot-repot melihat daftar atau bersusah payah mencari tahu promo yang menguntungkan mereka.
  • Sign juga seakan menjadi pengingat bagi konsumen yang sudah lebih dulu melihat promo produk Anda lewat media lain. Siapa tahu ia memerlukan produk Anda tapi lupa membelinya.

Meski begitu, sign juga ibarat pedang bermata dua. Jika dibuat dengan baik ia akan  sangat menguntungkan, tetapi bila dieksekusi asal-asalan, sign justru menjatuhkan citra produk yang kita jual. Kesalahan paling umum dalam sign seperti pernah kami bahas sebelumnya termasuk salah pengejaan, gambar seadanya dan kurang terawat. Untuk menghindari kesalahan itu, kami telah menyusun tips-tips praktis tentang sign. Follow blog kami dan ikuti twitter / facebook Gusto Sign agar tak ketinggalan tips menarik meningkatkan usaha Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s