Cetak Tas Lewat Print on Material

print on canvas - gustosign (1)

Walaupun dunia mode semakin jauh berkembang, tak berarti semua harus beralih memakai rancangan terkini. Banyak produk fashion yang dari dulu sampai sekarang masih sangat diminati. Misalnya saja sandal dan tas kanvas. Dua ikon fashion populer ini meski sering didandani jadi banyak tampilan, tetap tak kehilangan pesona klasiknya.

Tas kanvas terutama. Bentuknya yang itu-itu saja ternyata membuatnya fleksibel untuk banyak kesempatan. Kalangan pelajar memakainya sebagai tas sekolah, sedangkan lainnya lebih suka menjadikannya tas belanja. Bahkan tas kanvas pun multi-gender. Ciri kasualnya memang pas dipundak siapa saja.

Di tangan produsen lokal yang kebanyakan anak muda peminat fashion, tas kanvas jadi lebih berwarna. Rata-rata menambah ilustrasi atau mengubah sedikit potongannya. Gambar untuk tas kanvas biasa dibuat dengan sablon. Kekurangannya, produksi harus dilakukan dalam jumlah banyak. Di sisi lain, teknik print digital banyak yang sudah mampu mencetak di atas kanvas. Sayang yang kualitasnya baik bisa dihitung jari, salah satunya print on material dengan sinar UV. Teknik ini mengeringkan tinta dengan sinar UV begitu tinta dituang di permukaan kanvas, karena itu warna tetap cemerlang. Selain itu, teknik pengeringan yang seketika membuat tinta langsung menyerap ke dalam kanvas sehingga tahan lama. Dibandingkan teknik cetak biasa yang warnanya cepat pudar, POM jauh lebih berkualitas.

print on canvas - gustosign (1) print on canvas - gustosign (2)

Teknik ini pula yang dipilih Revi dari Treeasure. Revi mencetak gambar The Beatles, band fenomenal era 70-an, di permukaan tas kanvas. Warna biru Submarine yang dihasilkan POM tampil cerah dan tajam di latar kanvas putih. Bahkan teknik satu ini tidak meninggalkan sisa-sisa tinta yang tak rapi dilihat. Karena prinsip POM sama seperti print biasa, tak perlu produksi jumlah banyak untuk menuang gambar di tas kanvas. Sebuah tas cantik multi-gender milik Revi ini contohnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s