Kesalahan Sign yang paling umum

Membuat sign yang efektif memang susah-susah gampang. Jika tak direncanakan dengan baik, sign justru akan menjadi bumerang dan menodai citra perusahaan. Meski tidak selamanya kesalahan pada sign berakibat fatal, tak ada salahnya mempelajari hal-hal yang membuat sign kehilangan fungsinya. Berikut kesalahan-kesalahan yang sebaiknya dihindari saat merancang sign:

1. Huruf terlalu kecil

Dalam membuat sign, kita harus memperhatikan faktor keterbacaan dan apakah sign menarik untuk dibaca atau tidak. Dua faktor ini dipengaruhi pula oleh besar huruf pada sign. Besarnya huruf ditentukan oleh beberapa faktor, diantaranya luas area sign (papan sign, billboard, banner, dll); lokasi penempatan sign; jarak pandang; dan target pembaca sign tersebut. Tak jarang huruf pada sign terlalu kecil sehingga sulit dilihat. Pada akhirnya besar huruf akan mempengaruhi minat orang untuk membaca sign itu.

1

Gambar dari sini

2. Salah memilih font & kerning

Font juga memegang peran penting dalam menentukan faktor keterbacaan dan minat membaca dari sebuah sign. Font yang indah belum tentu menarik dibaca saat ditempatkan pada sign. Sebaliknya, font sederhana bisa jadi jauh lebih efektif menjaring pembaca potensial. Beberapa font yang sebaiknya dihindari yaitu font italic (miring), script, terlalu banyak dekorasi, atau terlalu aneh bentuknya (misalnya simbol, font dengan kemiringan tinggi, font yang huruf-hurufnya terbalik, dan sebagainya). Sebaiknya gunakan font sans-serif yang netral untuk kenyamanan membaca.

2

Gambar dari sini

Font bukan satu-satunya kesalahan umum. Teman baik font, yaitu kerning atau jarak antara font satu dengan font lain juga bisa membuat sign meleset dari sasaran. Kerning yang terlalu lebar maupun terlalu sempit membuat kata-kata pada sign menjadi rancu.

14

Gambar dari sini

3. Warna tidak kontras

Bayangkan jika harus membaca huruf diantara lautan warna senada? Selain membuat mata pegal, waktu yang dibutuhkan untuk membaca sign jadi jauh lebih lama. Meskipun warna pastel sedang populer, sebaiknya tidak menaruh huruf dengan warna biru telur asin di atas latar warna kuning karena akan membuatnya sulit dibaca.

3

4. Kalimat terlalu panjang

Pernahkah Anda menemukan papan reklame atau sign yang membuat kepala bergeser saat membacanya? Itu berarti kalimat dalam sign tersebut terlalu panjang. Kadang-kadang satu sign memuat terlalu banyak info seperti deskripsi produk, terlalu banyak sub-judul, bahkan banyak merk digabung dalam satu sign sekaligus. Sign seperti ini tidak menarik dan sulit dibaca.

4

5. Unsur grafis malah mengganggu

Ilustrasi atau tambahan unsur grafis bisa membuat sign menonjol dan indah. Tapi jangan salah, ketika ilustrasi yang ditambahkan kurang sesuai dengan isi pesan, ilustrasi malah jadi mengganggu. Selain itu, banyak unsur grafis dibuat sekedarnya atau diproduksi dengan budget rendah sehingga tampak muram. Unsur grafis yang seperti ini malah membuat sign terlihat kurang eksklusif dan menurunkan nilainya.

6. Sign menyatu dengan background/area pemasangan

Kalau tadi kita membahas tentang kontras warna antara huruf dengan latar sign, kali ini kita merujuk pada area pemasangan sign. Tak jarang sign warna putih ditempatkan bertumpuk di dinding yang juga putih. Sebenarnya hal ini tak terlalu jadi masalah jika dinding tersebut bebas dari sign atau aksesori lain. Tapi apabila di sekeliling dinding banyak reklame misalnya, sign menjadi tidak terlihat. Bukan hanya warna, kadang sign berupa papan tipis ketika ditempatkan di dinding dengan tekstur bata atau kotak juga menjadi tidak terlihat. Sign yang dipasang bertumpuk-tumpuk dengan sign lain juga kehilangan daya tariknya.

5

6

Gambar dari sini

7.  Sign terbengkalai atau kurang perawatan

Sign merupakan salah satu ujung tombak promosi. Sayang keberadaannya seringkali kurang diperhatikan. Banyak orang setelah membuat sign lalu mengabaikannya, atau tidak lagi merawatnya. Sign menjadi buram, kurang terbaca dan tidak menarik.  Selain kotor, sign yang pemasangannya terhalang pohon, sign lain atau lampu jalan juga tidak akan dilirik.

7

GEDSC DIGITAL CAMERA

Gambar dari sini

8. Tidak ada ruang kosong

Sign yang baik selalu memperhatikan desain dan layout. Sayangnya, tidak semua sign memprioritaskan kedua hal itu. Seringkali sign terlihat penuh karena huruf-huruf diletakkan hingga ke sisi-sisi bidang. Selain tidak indah dipandang, sign jadi kurang menarik lagi. Ruang kosong juga penting demi faktor keterbacaan.

9

Gambar dari sini

9. Salah pilih material

Tak ada aturan pasti material apa yang harus dipilih saat membuat sign. Namun tak berarti material apapun cocok untuk semua sign. Terutama perhatikan lokasi penempatan dan desain sign itu sendiri. Misalnya, untuk sign dengan luas lebih dari 40cm sebaiknya memakai material dengan ketebalan di atas 4mm. Jika tidak, sign akan melengkung ketika dipakai. Selain itu, lokasi dan latar belakang sign juga ikut menentukan keterbacaan sign.

10

Gambar dari sini

10. Sign tidak menarik

Kebanyakan sign yang dilewatkan orang ialah sign yang pembuatannya ala kadarnya. Misalnya memakai tulisan tangan yang kurang rapi, ditaruh di tempat yang kurang strategis, kurang rapi pembuatannya, dan sebagainya.

11

11. Isi pesan cabut-tempel

Tak bisa dipungkiri, saat ini masih banyak sign memakai sistem cabut-tempel seperti ini untuk menghemat biaya. Tidak salah memang, tetapi mengurangi efektifitasnya. Terlebih bila sign sudah dicabut-tempel lebih dari sekali. Selain kurang menarik, logo atau sign dari perusahaan lama masih akan terlihat di latar belakang membuatnya kurang kredibel.

12 13

Gambar dari sini

Selain beberapa kesalahan di atas, jangan lupa untuk selalu menaruh info perusahaan atau logo di sign Anda.

*catatan: gambar-gambar selain link di atas berasal dari sini

One thought on “Kesalahan Sign yang paling umum

  1. Pingback: Trik Jitu Promo Usaha? Manfaatkan Sign | Gustosign's Weblog

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s